Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas RAM Galaxy S9 Lebih Rendah dari Galaxy Note 8?

Kompas.com - 31/08/2017, 13:14 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Samsung merilis Galaxy S8 pada Maret 2017 lalu. Bahkan, raksasa elektronik itu baru saja melepas Galaxy Note 8 pada pertengahan bulan Agustus ini. Meski begitu, rumor seputar perangkat flagship terbaru, Galaxy S9 sudah mulai beredar.

Rumor terbaru datang dari seorang sumber yang tidak disebutkan namanya kepada XDA. Sang sumber membocorkan informasi seputar kapasitas RAM yang akan hadir di Galaxy S8.

Jika ada yang berharap Samsung Galaxy S9 hadir dengan RAM 6 GB, bersiaplah untuk kecewa. Galaxy S9 dikabarkan hanya akan memiliki RAM 4 GB, sama seperti Galaxy S8. Kapasitas RAM tersebut lebih rendah dari RAM 6 GB yang dimiliki Galaxy Note 8.

Selain itu, Galaxy S9 juga dikatakan hadir dengan chipset terkencang dari Qualcomm, yakni Snapdragon 845. Meski begitu, seperti biasanya, tidak semua pasar akan mendapatkan Galaxy S9 dengan versi chipset tersebut.

Baca: Samsung Jamin Galaxy Note 8 Tak Akan Meledak

Spesifikasi lainnya, Galaxy S9 dikatakan akan memiliki layar berkualitas QHD+ (1.440 x 2.960) dengan aspek rasio 18,5:9, layar nyaris tanpa batas Infinity Display, dan media penyimpanan internal mulai dari 64 GB.

Pemindai sidik jari dipindah

Masih menurut sang sumber, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Kamis (31/8/2017), Samsung akan memperbaiki kelemahan yang ada di Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 di Galaxy S9.

Kelemahan yang dimaksud adalah letak dari pemindai sidik jari. Di Galaxy S8 dan Galaxy Note 8, Samsung menaruh sensor tersebut di sebelah kanan lensa. Posisi tersebut dianggap kurang tepat karena sedikit sulit untuk diraih jari tangan.

Pengguna juga seringkali salah menyentuh lensa, ketimbang sensor pemindai sidik jari itu. Alhasil, banyak noda sidik jari yang tertinggal di lensa.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Samsung dikabarkan akan meletakkan sensor tersebut di bagian tengah casing bagian belakang.

Samsung seperti biasanya menolak berkomentar terhadap rumor perangkat barunya. Semua kebenarannya baru bisa dibuktikan pada saat Galaxy S9 dirilis, yakni enam bulan dari saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com