Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palm Bakal Hidup dalam Wujud Smartphone Android

Kompas.com - 31/08/2017, 14:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - TCL, perusahaan asal China pemegang lisensi produksi BlackBerry, mengklaim bakal kembali menghidupkan perangkat PDA legendaris Palm. Rencananya gadget tersebut akan diluncurkan pada 2018 mendatang.

TCL masih belum mau memberikan detail mengenai akan seperti apa gadget Palm itu nantinya. Marketing Manager TCL, Stefan Streit, hanya mengindikasikan bahwa TCL akan membuat sebuah smartphone.

Dia juga menjelaskan bahwa perangkat baru itu akan dibuat untuk pengguna yang sudah akrab dengan perangkat Palm dari masa lawas, sebelum era milenial. Selebihnya tak ada informasi lebih jelas soal niatan TCL ini.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Kamis (31/8/2017), prediksi yang paling memungkinkan, TCL bakal membuat perangkat Palm berbasiskan OS Android. Strategi yang mirip dengan cara perusahaan merilis Blackberry KEYone.

Baca: BlackBerry Siapkan Ponsel Anti-air Tandingan iPhone

Mengapa perangkat itu tidak mengunakan WebOS, OS orisinal Palm? Saat ini, WebOS telah berada di tangan LG. OS itu berada di tablet dan Smart TV milik LG. 

Palm sendiri merupakan merek gadget lawas yang terkenal di era Personal Digital Assistant (PDA). Kala itu Palm pernah mengembangkan beberapa versi OS, membuat webOS yang merupakan sistem operasi multitasking pertama di smartphone. Palm juga membuat enyo.js sebuah kerangka untuk aplikasi HTML 5.

Di era keemasannya, yakni kurun 1990-an hingga 2000-an, Palm memimpin pasar gadget konsumer dengan merilis PDA tipe Pilot dan Pre. Perusahaan ini kemudian dibeli oleh HP pada 2010, dan dihentikan operasionalnya pada 2011.

Setelah Palm ditutup dan tak lagi berproduksi, tepatnya pada 2014, HP menjual merek dagang ini kepada TCL.

Baca: BlackBerry Resmi Diserahkan ke TCL, Indonesia Tetap BB Merah Putih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com