Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG V30 Resmi Dirilis, Paling Ringan dan Punya Kamera Terlebar

Kompas.com - 31/08/2017, 14:40 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - LG resmi mengenalkan smartphone flagship terbaru seri V30 dalam sebuah acara peluncuran yang digelar di ajang IFA Berlin, Kamis (31/8/2017). LG V30 menjadi penerus LG V20 dengan mengandalkan fitur dual camera.

LG juga mengklaim V30 sebagai smartphone teringan di kelas ukuran layar di atas 6 inci. Mengusung OLED, layar 6 inci LG V30 mengusung aspek rasio 18:9.

Meski demikian, dimensi bodinya lebih pendek 8 mm dan lebih sempit 3 mm dibanding pendahulunya, LG V20.

Kamera ganda menjadi fitur andalan LG V30. Mengusung resolusi 16 megapiksel (utama) dan 13 megapiksel wide angle 120 derajat, LG mengklaim V30 sebagai smartphone pertama dengan kamera belakang berbukaan lensa f/1,6. Hal tersebut menjadikannya smartphone dengan bukaan terlebar saat ini.

Baca: Review: LG G6 Memikat dengan Audio dan Kamera

Bukaan lensa yang lebar ini membantu menangkap cahaya lebih banyak, sehingga performanya di kondisi minim cahaya meningkat. Kamera depan LG V30 sendiri mengusung sensor resolusi 5 megapiksel.

Menilik hardware, LG V30 dibekali chipset Snapdragon 835, menjadikannya yang pertama di lini LG dengan chip terkencang Qualcomm ini.

Selain itu, masih ada RAM kapasitas 4 GB, memori penyimpanan internal dua pilihan, 64 GB dan 128 GB, baterai kapasitas 3.500 mAh, dan fitur khas LG, yakni audio hi-fi Quad DAC.

LG V30 juga telah melewati uji ketahanan standar militer MIL-STD-810G yang menjadikannya tahan cuaca, cipratan, dan debu.

Untuk software, LG V30 menjalankan sistem operasi Andorid 7.1.2 "Nougat", namun LG menjanjikan bisa di-upgrade ke versi Android 8 "Oreo".

LG menyediakan empat pilihan warna untuk V30, yakni Aurora Black, Cloud Silver, Moroccan Blue, dan Lavender Violet.

LG V30 mulai dipasarkan pada 21 September di Korea Selatan, kemudian di pasar Amerika Utara, Asia, Eropa, Afrika dan Timur Tengah. Belum diketahui berapa harga jual LG V30 untuk masing-masing wilayah.

Baca: Ini Bocoran Tanggal LG V30 Mulai Dijual

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com