Mengapa Mark Zuckerberg Tak Bisa Diblokir di Facebook?

Kompas.com - 02/09/2017, 12:31 WIB
Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017). Paul Marotta / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sebagai pendiri Facebook, tak mengherankan bila aneka posting Mark Zuckerberg kerap viral dan menyebar luas di jejaring sosial tersebut.

Bisakah ia “dibungkam” supaya tak muncul di News Feed pengguna Facebook? Ternyata tidak bisa. Hal tersebut mulai ramai dibicarakan awal tahun ini ketika sebagian pengguna menemukan bahwa akun sang CEO Facebook tidak bisa diblokir dengan tombol “block”.

Ketika menekan tombol itu, akan muncul pesan error yang memberitahukan bahwa laman Mark Zuckerberg tidak bisa diblokir.

Belakangan, selain Mark Zuckerberg, masalah tidak bisa diblokir turut menyebar ke akun Facebook milik sang istri, Priscilla Chan. Anjing milik keluarga Zuckerberg, Beast, juga memiliki akun Facebook, namun masih bisa diblokir.

Baca: Zuckerberg Dikaruniai Putri Kedua, Didoakan Jadi Tukang Tidur

Pesan error yang muncul ketika pengguna Facebook coba memblokir akun milik Mark Zuckerberg.Quartz Pesan error yang muncul ketika pengguna Facebook coba memblokir akun milik Mark Zuckerberg.

Kenapa akun Facebook Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan tidak bisa diblokir? Rupanya, menurut pihak Facebook, keduanya sudah terlalu sering diblokir sehingga pemblokiran lebih lanjut bakal memunculkan pesan error.

Error ini tidak spesifik ke salah satu pengguna saja, tapi bakal muncul ketika akun seseorang sudah diblokir melewati jumlah tertentu,” ujar seorang juru bicara Facebook beberapa waktu lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Sabtu (2/9/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seorang mantan engineer Facebook menjelaskan bahwa error dimaksud merupakan efek samping dari programming mekanisme block di Facebook, bukan didesain secara khusus untuk melindungi orang tertentu supaya tidak diblokir.

Meski demikian, masalah yang sama tidak muncul ketika pengguna memblokir akun lain yang kiranya tak disukai orang banyak, seperti Presiden AS Donald Trump.

Baca: Zuckerberg dan Elon Iron Man Musk Adu Mulut di Internet

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.