Kompas.com - 03/09/2017, 16:41 WIB
Dukungan stiker dan Bitmoji di Gboard. Google BlogDukungan stiker dan Bitmoji di Gboard.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google memperbarui layanan keyboard Gboard di smartphone Android. Kini, pengguna bisa berekspresi, tak cuma lewat teks dan emoji tapi juga stiker dan Bitmoji.

Pengguna bisa mengunduh dan memasang paket-paket stiker yang tersedia sesuai selera dan kebutuhan masing-masing. Paket-paket stiker itu muncul di tab terpisah ketika Anda mengklik tombol dengan ikon “G”.

Selain dengan cara itu, Anda juga bisa mengetik teks di kotak pencarian alias search box pada Gboard. Google akan mencarikan stiker yang cocok dengan teks Anda.

“Kadang sulit berekspresi dengan kata-kata. Pada momen-momen itu, stiker sangat dibutuhkan. Kini Gboard untuk Android memungkinkan pengguna membagi stiker dan Bitmoji,” demikian dikutip KompasTekno dari blog resmi Google, Minggu (3/9/2017).

Baca: Keyboard Android HTC Disusupi Iklan, Pengguna Berang

Google menggandeng beberapa penyedia stiker pihak ketiga untuk melengkapi Gboard. Antara lain Mickey Mouse, NBAmoji, Google Allo selfie stickers, Disney Princesses, Hello Kitty, Garfield, Star Wars, dan lainnya.

Mekanisme mematrikan stiker itu identik dengan cara menyematkan Bitmoji pada Gboard. Google akhirnya menggandeng Bitmoji yang selama ini seakan menjadi kemewahan para pengguna iOS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bitmoji adalah paket stiker yang bisa dimodifikasi sesuai penampilan dan karakter pengguna. Bitmoji semakin populer pasca berintegrasi dengan Snapchat tahun lalu.

Pembaruan ini dilakukan secara bertahap. Jika Anda belum menerimanya, pastikan Gboard sudah diperbarui. Untuk sementara, penyematan stiker dan Bitmoji pada Gboard baru untuk pengguna Android. Belum jelas kapan akan hadir untuk pengguna Gboard di iOS.

Baca: Ada Stiker dan Filter Foto Baru di Instagram

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.