Inikah Spesifikasi Ponsel Android One Buatan Xiaomi?

Kompas.com - 04/09/2017, 11:14 WIB
Ilustrasi Android AuthorityIlustrasi
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Spesifikasi Xiaomi Mi A1, yang diduga kuat sebagai smartphone Android One yang dikerjakan bersama Google, bocor melalui situs aplikasi benchmark, Geekbench.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1 yang disebutkan dalam bocoran tersebut menyangkut sistem operasi, otak pemrosesan (chipset), dan sejumlah hardware yang disematkan di dalamnya.

Bocoran benchmark Xiaomi A1Gizmo China Bocoran benchmark Xiaomi A1
Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Senin (4/9/2107), sistem operasi Xiaomi Mi A1 berupa Android Nougat 7.1.2.

Bila benar ini merupakan Android One, artinya sistem operasi tersebut akan ditampilkan polos, tanpa balutan antarmuka MiUI racikan Xiaomi.

Berikutnya, otak pemrosesan Xiaomi Mi A1 berupa chipset MSM 8953 Qualcomm Snapdragon 625 dengan CPU octa-core 2.0 Ghz. Terdapat juga memori RAM 4 GB.

Bocoran dari Geekbench hanya mengungkap spesifikasi tersebut, tanpa detail lain. Namun dari situ dapat terlihat bahwa Xiaomi A1 ini tergolong Android One dengan spesifikasi tinggi.

Hasil benchmark Geekbench menunjukkan bahwa dalam pengujian single-core, Xiaomi A1 menunjukkan nilai kinerja 852 poin, sedangkan uji multi-core menunjukkan nilai 3.837 poin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, selama ini Android One merupakan smartphone murah yang dibuat dengan jaminan kinerja dan software dari Google. Spesifikasinya sendiri cenderung rendah, sesuai dengan harga banderolnya.

Sekarang masih belum jelas apakah benar Xiaomi A1 ini merupakan bagian dari Android One. atau tidak. Nama A1 juga belum pasti akan disematkan di perangkat tersebut.

Baca: Xiaomi Siapkan Ponsel Murah Android One, Indonesia Kebagian Pertama?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.