Kompas.com - 04/09/2017, 16:52 WIB
Sony RX0 DPreviewSony RX0
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sony meluncurkan sebuah kamera aksi bernama RX0. Memiliki kemampuan tahan banting dan anti-air, RX10 dinilai bakal jadi pesaing berat bagi GoPro.

Sony RX0 dibuat dengan ukuran serupa dengan kamera aksi pada umumnya. Namun, menurut raksasa gadget asal Jepang itu, RX0 punya kemampuan lebih tinggi dan bahkan berada di kelas profesional.

Dari sisi ukuran sensor, Sony RX0 dikatakan lebih unggul karena menggunakan sensor 1 inci. Sedangkan, GoPro, sebagai pesaing, menggunakan sensor dengan ukuran lebih kecil; misalnya pada seri Hero 5 Black sensor yang dipakai berukuran 1/2.3 inci.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari DPReview, Senin (4/9/2017), Sony RX0 menangkap gambar menggunakan sensor multi-layer Exmor RS CMOS berketajaman 15,3 megapiksel. Sedangkan lensanya berupa Zeiss Tessar T* yang setara lensa lebar 24 mm F4.

Baca: Sony Xperia XZ1 dan XZ1 Compact Resmi Meluncur Tanpa Kamera Ganda

Pengguna bisa memakai Sony RX0 untuk memotret foto dengan format RAW dengan kecepatan shutter 1/32.000 detik dan kecepatan memotret maksimal 16 frame per detik.

Kemampuan lainnya, pengguna bisa memakai remote Sony FA-WRC1M untuk menghubungkan maksimal 15 unit kamera RX0 untuk memakainya bersamaan. Perusahaan juga berencana merilis aplikasi Sony mobile yang bisa digunakan untuk menghubungkan maksimal 5 kamera secara nirkabel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamera-kamera yang sudah terhubung itu bisa digunakan untuk merekam video normal atau slow motion dari berbagai sudut berbeda. Video slow motion tersebut memiliki kecepatan maksimal 1.000 frame per detik.

Berikutnya, Sony RX0 juga memiliki fitur seperti focus peaking, MF-assistant, pre-focus, dan image profile. Setiap hasil jepretan atau rekaman, terutama yang dibuat menggunakan gabungan beberapa kamera, dilengkapi dengan stempel penanda waktu dan kode-kode yang memudahkan proses pengeditan.

RX0 memiliki bobot sekitar 110 gram, dengan ukuran bodi 59 x 40,5 x 29,8 milimeter, tahan jatuh dari ketinggian maksimal 10 meter, dan bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 10 meter atau 100 meter jika memakai casing khusus.

Sony RX0 dijual 850 euro atau sekitar Rp 13,4 juta. Rencananya perusahaan akan menjual kamera aksi ini di Eropa pada Oktober mendatang. Belum diketahui ketersediaannya di Indonesia atau negara lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber DPReview

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.