Situs Download Video YouTube Jadi MP3 Terancam Ditutup

Kompas.com - 05/09/2017, 20:32 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Situs YouTube-MP3.org, yang kerap digunakan untuk mengunduh file MP3 dari format video YouTube akan segera ditutup. Penutupan tersebut terjadi akibat perseteruan hukum antara pengelola situs dengan sejumlah label rekaman.

Recording Industry Association of America (RIAA) selama ini menyebut YouTube-MP3.org sebagai situs audio rip terbesar di dunia. Banyak orang memakai situs tersebut untuk mengubah tautan video klip YouTube menjadi file suara berformat MP3.

Efek keberadaan situs audio rip itu pun kemudian dinilai merugikan industri musik, sehingga memicu para label berkumpul dan sama-sama mengajukan gugatan hukum.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/9/2017), sejumlah label besar yang bergabung dalam upaya gugatan tersebut adalah UMG, Sony Music, serta Warner Bros.

Gugatan diajukan sejak 2016. Alasannya, YouTube-MP3.org bertanggung jawab dalam memicu naiknya pembajakan hak cipta file audio sebesar 40 persen.

Para label secara spesifik menyebutkan 304 lagu yang hak ciptanya dilanggar melalui layanan audio rip milik YouTube-MP3.org. Beberapa di antaranya adalah lagu Clarity milik Zedd, Born This Way milik Lady Gaga, serta Get Ur Freak On milik Missy Elliott.

Karena YouTube-MP3.org dianggap sebagai pusat distribusi ilegal dan mendapat keuntungan dari iklan yang mereka tayangkan, maka gugatan hukum diarahkan kepada situs audio rip tersebut. Diperkirakan ada puluhan hingga ratusan juta lagu yang disalin dan disebarkan secara ilegal oleh layanan audio rip tersebut.

Para label pun meminta ganti rugi sebesar 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 2 miliar untuk setiap pelanggaran hak cipta yang berhasil dibuktikan.

Saat ini, pengadilan belum menandatangani keputusan terkait perseteruan hak cipta itu. Tapi jika nanti sudah disetujui, maka YouTube-MP3.org bakal diperintahkan untuk memindahkan kepemilikan domain kepada perwakilan label.

Jika situs audio rip itu tak memenuhi perintah pengadilan, maka registrar akan diminta untuk mematikan domain YouTube-MP3.org dalam 24 jam, dan mengizinkan agar registrar domain tersebut diubah sesuai permintaan para label.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.