Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salip Apple, Huawei Duduki Peringkat Kedua Dunia

Kompas.com - 07/09/2017, 09:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pasaran smartphone dunia selama ini selalu dikuasai oleh Samsung dan Apple. Keduanya masing-masing menempati urutan pertama dan kedua sebagai pabrikan terbesar.

Namun, belakangan tatanan itu berubah. Penjualan smartphone Huawei berhasil menyalip posisi Apple pada Juni dan Juli lalu, menurut catatan bulanan firma riset pasar Counterpoint Research.

Counterpoint tidak membeberkan angka penjualan masing-masing produsen smartphone secara mendetail. Namun, dari grafik yang dipublikasikan, pangsa pasar Huawei dan Apple pada Juli 2017 berbeda tipis di kisaran 12 persen.

Sementara itu, Samsung masih berada di posisi teratas dengan pangsa lebih dari 20 persen.

Baca: Huawei, Oppo, dan Xiaomi Pepet Samsung

Catatan pangsa penjualan bulanan smartphone Samsung, Apple, dan Huawei hingga Juli 2017, menurut firma riset pasar Counterpoint Research.Counterpoint Research Catatan pangsa penjualan bulanan smartphone Samsung, Apple, dan Huawei hingga Juli 2017, menurut firma riset pasar Counterpoint Research.

“Kemenangan” Huawei  mungkin hanya akan berumur pendek mengingat Apple akan segera meluncurkan model-model iPhone terbaru pada 12 September mendatang.

Huawei bersiap menghadapi serbuan iPhone dengan rencana peluncuran smartphone Mate 10 dan Mate 10 Pro yang diklaim “lebih  bertenaga dari iPhone” pada 16 Oktober di Jerman.

Terlalu banyak model

Lucunya, meski berhasil menyalip Apple, ponsel Huawei tak masuk dalam daftar Counterpoint soal 10 ponsel dengan penjualan terbaik bulan Juli lalu. Menurut analis Counterpoint Pavel Naiya, ini karena Huawei memiliki terlalu banyak tipe produk smartphone.

10 model smartphone dengan penjualan terbanyak pada Juli 2017 menurut firma riset Counterpoint Research.Counterpoint Research 10 model smartphone dengan penjualan terbanyak pada Juli 2017 menurut firma riset Counterpoint Research.

“Huawei agaknya perlu lebih jauh merampingkan lini produknya seperti yang dilakukan oleh Oppo dan Xiaomi, sehingga fokus ke sedikit produk saja,” kata Naiya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Kamis (7/9/2017).

Duo iPhone 7 besutan Apple merajai daftar 10 ponsel dengan penjualan terbanyak pada Juli lalu, menurut catatan Counterpoint. Setelahnya menyusul Oppo R11, Oppo A57, dan Samsung Galaxy S8.

Baca: Huawei Siapkan Penantang iPhone 8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com