Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple dan Amazon Berebut Film "James Bond"

Kompas.com - 07/09/2017, 11:43 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Amazon dan Apple belakangan giat memasuki ranah TV dan streaming. Dua raksasa teknologi Silicon Valley itu pun dikabarkan tertarik menjadi pemegang hak distribusi untuk film-film James Bond yang akan datang.

Keduanya bahkan diduga berani membayar lebih mahal dari Warner Bros yang sejauh ini menjadi penawar tertinggi dalam urusan tersebut.

Hak distribusi atas film-film James Bond sebelumnya dipegang oleh Sony Pictures, dari 2006 hingga film terakhir, Spectre, yang muncul pada 2015.

Setelah itu MGM dan Eon Productions selaku pemegang hak atas film James Bond masih mencari pihak yang berminat menjadi distributor. Dua tahun berlalu, masih belum ada keputusan.

Baca: Demi Toshiba, Apple Siapkan Dana Rp 48,5 Triliun

Perjanjian hak distribusi atas film-film James Bond diperkirakan bernilai antara 2 miliar dollar AS hingga 5 miliar dollar AS. Nilai tersebut tergolong wajar dan sebanding dengan 4 miliar dollar yang dibelanjakan Disney untuk membeli Marvel dan Lucasfilm, masing-masing pada 2009 dan 2012.

Peminat lain terhadap distribusi James Bond termasuk nama-nama yang dikenal di industri film, yakni 21st Century Fox dan Universal, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Kamis (7/9/2017).

Masuknya nama Apple dan Amazon disinyalir mengindikasikan bahwa MGM dan Eon Productions tengah melirik ranah online dan digital, di samping channel distribusi tradisional.

Apabila Warner Bros memenangkan hak distribusi, maka kemungkinan film-film James Bond akan dijual ke pemain lain di tiap pasar seperti biasa.

Namun, dalam kasus Amazon atau Apple, TV rights atas James Bond mungkin akan dipakai sendiri secara global, mengingat keduanya sedang berupaya mencari diferensiasi di tengah pasaran streaming yang persaingannya makin ketat.

Film James Bond berikutnya dijadwalkan rilis pada 2019 mendatang. Tokoh Bond dalam film ini bakal kembali diperankan oleh Daniel Craig.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com