Kamera Mirrorless Fujifilm X-E3 Resmi Diluncurkan

Kompas.com - 07/09/2017, 16:28 WIB
General Manager Optical Device & Electronic Imaging Product Division Fujifilm, Toshi Iida mengenalkan kamera Fujifilm X-E3 di Jepang, Kamis (7/9/2017). Reza Wahyudi/KOMPAS.comGeneral Manager Optical Device & Electronic Imaging Product Division Fujifilm, Toshi Iida mengenalkan kamera Fujifilm X-E3 di Jepang, Kamis (7/9/2017).
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorReska K. Nistanto

TOKYO, KOMPAS.com - Fujifilm memperkenalkan kamera mirrorless terbaru, seri X-E3. Kamera ini merupakan penerus model sebelumnya, yakni X-E2 yang dirilis pada 2013 dan X-E2s pada 2016.

Peluncuran Fujifilm X-E3 digelar bersamaan dengan ajang tahunan Fujikina 2017 di Tokyo, Jepang pada Kamis (7/9/2017).

X-E3 merupakan kamera mirrorless kategori menengah yang diposisikan di bawah flagship Fujifilm ber-genre sama, yaitu X-Pro2. Fujifilm X-E3 dan X-Pro2 bisa disebut sejenis, salah satunya karena sama-sama memiliki desain dudukan lampu flash yang rata di bagian atas, alias tidak ada tonjolan.

Fujifilm X-E3 dibekali dengan sensor X-Trans CMOS III resolusi 24,3 megapiksel dan prosesor gambar X Processor Pro. Prosesor tersebut juga digunakan di lini X-T2 dan X-Pro2. Fujifilm X-E3 mendapat penambahan baik dari segi desain maupun fitur yang cukup signifikan dibandingkan X-E2s.

Baca: 3 Mirrorless Baru Fujifilm Segera Dijual di Indonesia, Harganya?

Dari sisi desain, selain lebih ringan dan ramping, perubahan yang paling kentara terletak pada tombol-tombol fisiknya.

Fujifilm X-E3 tak lagi dibekali tombol D-pad untuk navigasi di bagian belakang samping monitor. Fujifilm membekali fitur touchscreen di layar monitor X-E3 sebagai kompesansi dari dihapusnya tombol D-Pad tadi. Sebagai informasi,  produk pendahulunya, X-E2 dan X-E2s belum dilengkapi kemampuan layar sentuh tersebut.

Layar monitor 3 inci X-E3 menggunakan panel touchscreen statis yang mendukung kemampuan Touch Shot, Touch AF, dan Focus Area Selection. Artinya, pengguna bisa memilih fokus hanya dengan menekan area di layar saat pembingkaian gambar.

Toshi iida, General Manager Optical Device & Electronic Imaging Product Division Fujifilm dalam peluncuran Fuji X-E3 di Jepang, Kamis (7/9/2017).Reza Wahyudi/KOMPAS.com Toshi iida, General Manager Optical Device & Electronic Imaging Product Division Fujifilm dalam peluncuran Fuji X-E3 di Jepang, Kamis (7/9/2017).
"Kamera X-E3 beratnya hanya 337 gram dan lebih ramping. Anda bisa memegang dan mengoperasikan layar sentuhnya dengan satu tangan," ujar Toshi Iida, General Manager Optical Device & Electronic Imaging Product Division Fujifilm, di atas panggung peluncuran di Tokyo, Jepang.

Dua fitur lain X-E3 yang biasanya hanya terdapat kamera flagship Fujifilm adalah fitur Focus Level dan kemampuan merekam video dengan kualitas 4K.

Untuk transfer data ke smartphone, Fujifilm X-E3 dibekali fitur WiFi dan Bluetooth low energy yang diklaim tidak menguras daya baterai kamera. Kamera mirrorless terbaru Fujifilm ini tersedia dalam dua warna, yakni hitam dan silver.

Fujifilm X-E3 akan mulai dijual pada akhir September 2017 di pasar global, dengan harga 899 dollar AS (body only) atau sekitar Rp 12 juta. Belum ada informasi harga dan jadwal penjualan Fujifilm X-E3 di Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X