Ini Harga Kamera Fujifilm X-E3 dan Lensa Fujinon Terbaru di Indonesia - Kompas.com

Ini Harga Kamera Fujifilm X-E3 dan Lensa Fujinon Terbaru di Indonesia

Kompas.com - 07/09/2017, 17:39 WIB
Toshi iida, General Manager Optical Device & Electronic Imaging Product Division Fujifilm dalam peluncuran Fuji X-E3 di Jepang, Kamis (7/9/2017).Reza Wahyudi/KOMPAS.com Toshi iida, General Manager Optical Device & Electronic Imaging Product Division Fujifilm dalam peluncuran Fuji X-E3 di Jepang, Kamis (7/9/2017).

TOKYO, KOMPAS.com - Fujifilm meluncurkan kamera dan sejumlah lensa baru sekaligus dalam konferensi pers Fujikina 2017 di Tokyo, Jepang, Kamis (7/9/2017).

Jajaran produk yang diluncurkan mencakup kamera mirrorless X-E3, lensa Fujinon GF 45 mm F2.8 R WR, XF 80 mm F2.9 LM OIS WR Macro, XF 200 mm F2 R LM OIS WR, dan XF 8-16 mm F2.8 R LM WR.

Di pasar global, kamera X-E3 sudah bisa dipesan dan akan tersedia pada bulan September ini. Sedangkan produk lensanya dijanjikan pada November 2017 mendatang.

Kapan dan berapa harga produk-produk tersebut akan hadir di pasar Indonesia? Electronics Imaging Sales Manager Fujifilm Indonesia, Wawan Setiawan mengatakan, jadwal penjualan di Indonesia Indonesia bakal berbeda dengan pemasaran global.

Baca: Mirrorless Fujifilm X-E3 Resmi Diluncurkan

"Fujifilm X-E3 masuk Indonesia kemungkinan akan tersedia di pasar Indonesia pada awal Oktober ini. Ini karena proses perizinan dan waktu pengiriman," kata Wawan kepada jurnalis KompasTekno, Reza Wahyudi setelah acara peluncuran di Tokyo, Jepang, Kamis petang.

Untuk banderol harga Fujifilm X-E3, Wawan mengatakan, tidak terpaut dari harga global, yaitu 899 dollar AS.

"Harganya sekitar Rp 12 juta untuk body only. Sedangkan yang disertai body kit XF18-55mm dijual Rp 15 jutaan, dan lensa XF23mm sekitar Rp 18 juta," ujar Wawan.

X-E3 merupakan kamera mirrorless kategori menengah yang diposisikan di bawah flagship Fujifilm, yaitu X-T2 dan X-Pro2.

Fujifilm X-E3 dibekali dengan sensor X-Trans CMOS III resolusi 24,3 megapiksel dan prosesor gambar X Processor Pro yang juga digunakan di X-T2 dan X-Pro2.

Dari sisi desain, selain lebih ringan dan ramping, perubahan yang paling kentara terletak pada tombol-tombol fisiknya. Fujifilm X-E3 tak lagi dibekali tombol D-pad untuk navigasi.

Fujifilm membekali fitur touchscreen di layar monitor X-E3 sebagai kompesansi dari dihapusnya tombol D-Pad.

Dua fitur lain X-E3 yang biasanya hanya terdapat kamera flagship Fujifilm adalah fitur Focus Level dan kemampuan merekam video dengan kualitas 4K.

Bagaimana untuk ketersediaan lensa-lensa baru Fujifilm di Indonesia? Wawan mengatakan, hanya Fujinon XF80mm F2.9 LM OIS WR Macro dan GF45mm f/2,8 R WR yang akan masuk Indonesia dalam waktu dekat.

"Lensa XF80mm F2.9 Macro dan GF45mm f/2,8 dijual di Indonesia bulan November ini. Lensa lainnya baru masuk tahun depan," kata Wawan.

Lensa GF45mm F2,8 dijual di Indonesia dengan harga sekitar Rp 25 juta, sementara XF80mm F2.9 Macro dijual pada kisaran Rp 17 juta.


EditorReska K. Nistanto

Komentar
Close Ads X