Kompas.com - 07/09/2017, 20:13 WIB
Mobil Google Street View baru TechCrunchMobil Google Street View baru
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google memperbarui modul kamera yang digunakan pada kendaraan Street View. Pembaruan tersebut membuat kamera bisa merekam gambar dengan resolusi lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Google sudah bertahun-tahun menjalankan proyek Street View yang memotret dan merekam jalanan dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Tapi selama delapan tahun proyek berjalan, baru kali ini Google memperbarui kameranya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (6/9/2017), kamera tersebut kini bisa dipakai merekam gambar dalam resolusi high definition (HD). Artinya, pengguna Street View nanti akan bisa melihat gambar dengan warna lebih bening, jelas dan lebih detail.

Selain itu, Google juga membuat kamera ini bisa menyuplai data mentah untuk diolah menjadi algoritma image recognition. Teknologi ini akan bermanfaat untuk memastikan atau mencocokkan data dan informasi bisnis dalam peta, misalnya seperti nama tempat, jam buka, metode pembayaran yang diterima, serta berbagai hal lain.

Baca: Teknologi di Balik Google Street View Edisi Indonesia

Foto jalanan dan pemetaan yang akurat juga bakal lebih menguntungkan, baik untuk Google atau perusahaan lain. Contohnya dalam hal pengembangan teknologi kendaraan otonomos, atau tanpa sopir.

Google mengatakan mereka bekerja sama dengan Waymo, salah satu unit usaha Alphabet, dalam pengembangan teknologi mobil otonomos. Namun sekarang masih belum jelas sedalam apakah kerja sama itu.

Mobil Street View dengan kamera baru ini mulai mengaspal di jalanan Amerika Serikat sejak Agustus 2017. Rencananya, Google bakal melepasnya di jalanan negara lain untuk merekam berbagai tempat di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.