Kompas.com - 08/09/2017, 10:30 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Google dikabarkan berniat untuk mencaplok raksasa elektronik asal Taiwan, HTC. Bocoran yang beredar mengungkap, diskusi perihal akuisisi tersebut bahkan sudah berada di tahap akhir atau final. 

Meski begitu, Google dikabarkan tidak akan membeli perusahaan HTC secara keseluruhan. Raksasa internet itu dikatakan hanya berminat membeli divisi pengembangan dan riset smartphone HTC, tanpa divisi virtual reality atau lainnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Pocket-Lint, Jumat (8/9/2017), jika kabar akuisisi ini benar, ada kemungkinan Google akan menggunakan divisi smartphone HTC untuk mengembangkan dan membuat smartphone seri Pixel.

Opsi lainnya, Google sama sekali tidak membeli divisi smartphone HTC. Akan tetapi, keduanya bisa saja bekerja sama lebih dekat untuk pengembangan seri Pixel. Hingga saat ini, Google dikabarkan masih belum mengambil keputusan pasti.

Baca: Google Resmi Jadi PT, Perusahaan Baru XXVI Inc. Didirikan

Langkah pembelian divisi smartphone seperti kabar ini sebenarnya hal yang biasa bagi Google. Apalagi bila mengingat dalam riwayatnya, raksasa internet tersebut juga pernah membeli produsen smartphone Motorola dengan harga 12,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 159 triliun.

Namun, status kepemilikan Motorola oleh Google sendiri sebenarnya kurang awet. Google telah menjual Motorola ke perusahaan asal China, Lenovo. 

HTC sendiri dikabarkan sudah mulai bersiap menjual divisi smartphone sejak bulan lalu. Hal itu disebabkan oleh penjualan smartphone mereka yang semakin turun dan sulit untuk naik lagi.

Baca: HTC Rilis U11, Android yang Bisa Diremas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.