Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bakal Caplok HTC?

Kompas.com - 08/09/2017, 10:30 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google dikabarkan berniat untuk mencaplok raksasa elektronik asal Taiwan, HTC. Bocoran yang beredar mengungkap, diskusi perihal akuisisi tersebut bahkan sudah berada di tahap akhir atau final. 

Meski begitu, Google dikabarkan tidak akan membeli perusahaan HTC secara keseluruhan. Raksasa internet itu dikatakan hanya berminat membeli divisi pengembangan dan riset smartphone HTC, tanpa divisi virtual reality atau lainnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Pocket-Lint, Jumat (8/9/2017), jika kabar akuisisi ini benar, ada kemungkinan Google akan menggunakan divisi smartphone HTC untuk mengembangkan dan membuat smartphone seri Pixel.

Opsi lainnya, Google sama sekali tidak membeli divisi smartphone HTC. Akan tetapi, keduanya bisa saja bekerja sama lebih dekat untuk pengembangan seri Pixel. Hingga saat ini, Google dikabarkan masih belum mengambil keputusan pasti.

Baca: Google Resmi Jadi PT, Perusahaan Baru XXVI Inc. Didirikan

Langkah pembelian divisi smartphone seperti kabar ini sebenarnya hal yang biasa bagi Google. Apalagi bila mengingat dalam riwayatnya, raksasa internet tersebut juga pernah membeli produsen smartphone Motorola dengan harga 12,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 159 triliun.

Namun, status kepemilikan Motorola oleh Google sendiri sebenarnya kurang awet. Google telah menjual Motorola ke perusahaan asal China, Lenovo. 

HTC sendiri dikabarkan sudah mulai bersiap menjual divisi smartphone sejak bulan lalu. Hal itu disebabkan oleh penjualan smartphone mereka yang semakin turun dan sulit untuk naik lagi.

Baca: HTC Rilis U11, Android yang Bisa Diremas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com