Cerita di Balik Jalan Zuckerberg di Kampung Cyber Yogyakarta

Kompas.com - 11/09/2017, 06:36 WIB
Mark Zuckerberg (kiri) dan Antonius Sasongko (kanan) di Kampung Cyber, Jogja, Minggu (12/10/2014). Dokumentasi Antonius SasongkoMark Zuckerberg (kiri) dan Antonius Sasongko (kanan) di Kampung Cyber, Jogja, Minggu (12/10/2014).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Nama sebuah jalan tampak mencolok di Kampoeng Cyber, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Di plang penanda terrtera tulisan "Zuckerberg", mengacu pada pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Pria asal Negeri Paman Sam ini memang perrnah berkunjung ke Kampoeng Cyber -sebelumnya dikenal sebagai Kampung Tamanan- pada bulan Oktober 2014 lalu. Peristiwa kunjungan Zuckerberg kini diabadikan sebagai nama jalan yang dilaluinya ketika itu.

"Dulu, Mark jalan di sepanjang jalan itu. Dia ngobrol di dekat pos ronda," ujar Antonius Sasongko, penggagas Kampoeng Cyber, mengingat kejadian tersebut, ketika dihubungi KompasTekno, Minggu (10/9/2017).

"Mark datang begitu saja, spontan," lanjut pria yang sering disapa Koko ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berfoto di depan plang nama Jalan Zuckerberg, bersama  anak-anak warga Kampoeng Cyber ketika berkunjung ke sana, Sabtu (9/9/2017).Taman Erte Tiga Enam/ Facebook Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berfoto di depan plang nama Jalan Zuckerberg, bersama anak-anak warga Kampoeng Cyber ketika berkunjung ke sana, Sabtu (9/9/2017).
Zuckerberg datang mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya. Rupanya dia mendengar kabar soal Kampoeng Cyber yang warganya giat memanfaatkan internet untuk membantu kegiatan sehari-hari, lalu merasa penasaran.

Baca: Mark Zuckerberg Jadi Tukang Foto Dadakan di Borobudur

Sebuah kunjungan ke Kampoeng Cyber pun disiapkan di sela-sela kegiatan Zuckerberg di Indonesia pada 2014 lalu. Saking tiba-tibanya kunjungan Zuckerberg, beberapa warga sempat mengira dia sebagai salah satu turis bule yang memang sering wira-wiri di sana.

Setelah ngobrol barang satu jam dengan warga soal penggunaan internet di Kampoeng Cyber, Zuckerberg pun melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Belakangan, bersama dengan perayaan 17 Agustus tahun ini, warga berinisiatif menamai jalan yang dilalui sang pendiri Facebook sebagai "Zuckerberg Street".

Tokoh lain yang ikut diabadikan sebagai nama jalan adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang beberapa kali berkunjung ke Kampoeng Cyber. Terakhir, dia mampir pada Sabtu (9/9/2017) kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.