Bocoran iOS 11 Ungkap Nama Resmi iPhone 8

Kompas.com - 11/09/2017, 07:56 WIB
Bocoran iPhone 8. BloombergBocoran iPhone 8.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Beberapa hari menjelang kemunculan iPhone 8, sebuah bocoran terkini mengemuka dan mengungkapkan nama resmi dari perangkat tersebut. Menurut bocoran versi "Gold Master" dari iOS 11 ini, iPhone terbaru tak akan dipanggil iPhone 8, melainkan iPhone X.

Embel-embel "X" yang tidak berupa angka kemungkinan dimaksudkan untuk mengindikasikan bahwa smartphone yang bersangkutan merupakan model premium. Selain itu, "X" juga berarti "10" dalam angka Romawi, bersesuaian dengan perayaan ulang tahun ke-10 iPhone pada 2017.

Bocoran iOS 11 turut mengungkap bahwa dua model iPhone lainnya yang akan meluncur berbarengan dengan iPhone X bakal dinamai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Sebelumnya, kedua perangkat ramai diduga bernama iPhone 7S dan iPhone 7S Plus.

Selain itu, bocoran iOS 11 mengandung fitur baru bernama "Face ID" yang agaknya merupakan sebutan untuk sistem pengenal wajah yang diterapkan pada iPhone X untuk menggantikan pengenal sidik jari Touch ID.

Teknologi pengena wajah ini juga bisa dipakai untuk membuat animasi emoji berbasis eskpresi pengguna, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Senin (10/9/2017). Ada beberapa pilihan emoji yang bisa dijadikan animasi, termasuk emoji monyet, robot, kucing, dan anjing.

iPhone X adalah perangkat kategori baru yang termasuk golongan premium. Layarnya dari jenis AMOLED dan bersifat bezel-less sehingga konsep desain iPhone X pun bakal berbeda dibanding model-model iPhone sebelumnya.

Adapun iPhone 8 dan iPhone 8 Plus merupakan penerus langsung dari dua model iPhone terdahulu, yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Keduanya diposisikan di bawah iPhone X.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus disinyalir akan meluncur secara resmi dalam sebuah acara yang digelar Apple di Amerika Serikat, 12 September mendatang.

Baca: Jika Harga iPhone 8 Benar Kemahalan, Salahkan Samsung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SlashGear
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.