Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Punya Fitur Pencari Jodoh Mirip Tinder?

Kompas.com - 11/09/2017, 12:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pencari jodoh TInder sering dipakai untuk mencari orang asing yang kira-kira dapat dijadikan pasangan. Facebook kini dikabarkan tengah menguji coba kemampuan serupa di aplikasi mobile besutannya.

Hal tersebut dikemukakan oleh jurnalis Motherboard, Jacob Dube, yang belakangan terkejut mendapati notifikasi bahwa ada "15 orang yang ingin bertemu" dengannya ketika membuka Facebook pekan lalu.

"Saat saya membuka tautan, saya dibawa ke laman berisi foto teman-teman Facebook dan sebuah pertanyaan: 'Maukah Anda bertemu dengan A pekan ini?'", tulis Dube.

Facebook hanya akan meneruskan respon apabila pengguna yang bersangkutan menjawab "ya". Apabila jawabannya adalah "tidak", maka tidak akan diteruskan.

Baca: Berkat Fitur Pengintip, Tinder Jadi Aplikasi Terpopuler di App Store

Fitur ala Tinder tersebut, menurut dia, sekarang baru muncul di akun Facebook miliknya dan segelintir teman di negara asal Dube, Kanada. Sebagian besar pengguna Facebook lain belum mendapat notifikasi.

Bedanya dengan Tinder, fitur yang belum diberi nama itu tidak mencoba "menjodohkan" pengguna dengan orang asing, melainkan teman-teman yang sudah terhubung sebelumnya di Facebook. Karena itu pengguna bisa langsung dihubungi lewat Messenger.

"Orang-orang biasanya memakai Facebook untuk membuat rencana dengan teman-teman mereka. Jadi, kami menjalankan tes kecil di aplikasi Facebook untuk mempermudah," sebut seorang juru bicara Facebook, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Minggu (10/9/2017).

Untuk saat ini, disebutkan bahwa fitur ala Tinder di Facebook baru dijalankan dalam uji coba terbatas di Kanada dan Selandia Baru. facebook melibatkan segelintir pengguna aplikasinya di Android dan iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com