Kompas.com - 11/09/2017, 17:09 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dua tahun lalu, BlackBerry meluncurkan Priv yang menjadi smartphone Android pertamanya. Perangkat dengan keyboard QWERTY tipe slider itu awalnya menjalankan OS Android 5 Lollipop yang tahun lalu diperbarui menjadi Android 6 Marshmallow.

Update sistem operasi BlackBerry Priv berhenti sampai di situ. Hal tersebut diungkapkan oleh General Manager BlackBerry Mobility Solutions, Alex Thurber, ketika berbicara dalam sebuah podcast.

Thurber mengatakan bahwa Priv akan tetap menjalankan Marshmallow hingga masa EOL (end-of-life), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (11/9/2017).

Dia juga belum bisa memastikan apakah seri perangkat DTEK akan di-update ke Android Nougat, mengingat DTEK merupakan perangkat "uji coba" berbasis desain referensi dari mitra manufaktur BlackBerry, TCL.

Bagaimana dengan perangkat Android lain dari BlackBerry? Nasib BlackBerry KEYone yang paling baru ternyata lebih baik. Perangkat ini dipastikan akan mendapat update ke sistemn operasi Android 8 Oreo.

Ponsel-ponsel berikutnya dari hasil kerja sama BlackBerry dengan TCL juga dipastikan akan menjalankan Android Oreo, atau setidaknya Nougat yang bisa di-update ke OS lebih baru di kemudian waktu.

Meski sistem operasinya tak lagi diperbarui, BlackBerry akan terus memberikan dukungan bagi pemilik perangkat Priv, serta DTEK50 dan DTEK60.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.