Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibongkar, Jeroan Galaxy Note 8 Terungkap

Kompas.com - 12/09/2017, 10:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - iFixit doyan membongkar aneka smartphone keluaran terbaru. Tak terkecuali juga Galaxy Note 8 buatan Samsung. Perangkat ini ditaruh di "meja bedah", berhadapan dengan obeng dan aneka alat lain.

Seperti kebanyakan ponsel flagship lainnya, Galaxy Note 8 bisa dipreteli dengan memanaskan lem yang melekatkan panel depan ke bodi perangkat. Berikutnya panel itu dicungkil untuk mengakses jeroan sang ponsel.

Galaxy Note 8 memiliki segel-segel karet untuk mencegah air masuk ke ruang internal perangkat. Smartphone ini memang memiliki ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP68.

Jeroan di bagian belakang Galaxy Note 8, termasuk unit kamera ganda, baterai, dan ruang untuk stylus.iFixit Jeroan di bagian belakang Galaxy Note 8, termasuk unit kamera ganda, baterai, dan ruang untuk stylus.
iFixit memuji Galaxy Note 8 karena menerapkan sejumlah komponen modular. Jack headphone 3,5mm, misalnya, bisa dilepas dengan mudah. Begitu juga port USB type-C yang dipisahkan di board tersendiri, alih-alih disolder di mainboard utama.

Baterai Galaxy Note 8 berbentuk relatif ramping, Kapasitasnya 3.300 mAh atau lebih kecil 200 mAh dibandingkan Galaxy S8+ yang memiliki ukuran fisik sebanding. Di samping baterai terdapat ruang kosong untuk memuat sylus S-Pen.

Hal lain yang menarik adalah Samsung menanam hingga empat unit kamera pada Galaxy Note 8. Di bagian punggung ada dua kamera utama, masing-masing dengan resolusi 12 megapiksel dan Optical Image Stabilizer.

Di depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Selasa (12/9/2017), ada dua kamera lagi, yakni kamera 8 megapiksel untuk foto selfie dan kamera pemindai mata untuk fitur keamanan menggunakan bimoetrik berupa iris mata pengguna.

Galaxy Note 8 memperoleh "repairability score" (semudah apa untuk diperbaiki) sebesar 4 dari 10 poin. Meski tergolong rendah dan karena itu mengindikasikan bahwa ia sulit direparasi, skor Galaxy Note 8 dalam hal ini masih lebih tinggi dari Galaxy S7.

Selengkapnya, pembongkaran Galaxy Note 8 oleh iFixit dapat dilihat di tautan berikut.

Baca: Membedah Kamera Ganda Galaxy Note 8
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com