Kompas.com - 12/09/2017, 16:51 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ada yang spesial dalam peluncuran iPhone teranyar pada Selasa (12/9/2017) pukul 10.00 di Cupertino, AS atau Rabu (13/9/2017) dinihari nanti di Indonesia. Pertama, Apple bakal merilis iPhone dengan layar OLED yang benar-benar berbeda dari lini sebelumnya.

Kedua, acara peluncuran untuk pertama kalinya dihelat di Steve Jobs Theater yang terletak di kawasan Apple Park Campus. “Mari bertemu di tempat kami,” begitu tertulis pada undangan yang disebar Apple.

Agaknya Apple ingin peluncuran kali ini lebih meriah, sebab menandai satu dekadenya di industri smartphone. Terlepas dari itu, sejatinya ada drama yang terjadi menjelang hari peluncuran iPhone terbaru.

Menurut sumber dalam, pada Agustus lalu Apple masih kelimpungan mencari tempat peluncuran. Pasalnya, Steve Jobs Theatre kala itu belum benar-benar rampung, meski Apple Park Campus sudah mulai ditempati para pegawai sejak April 2017 lalu.

Baca: iPhone X Diprediksi Pakai Prosesor 6 Core

Tercatat dalam dokumen City of Cupertino, Apple telah mengajukan izin pemakaian Steve Jobs Theatre sejak 8 Agustus 2017. Izin diajukan agar petugas daerah setempat bisa menginspeksi dan menentukan apakah tempat yang belum rampung tersebut sudah layak untuk perhelatan atau belum.

Hampir sebulan pengajuan dilayangkan, petugas setempat baru menandatangani izin pada 1 September 2017. Padahal, Apple sudah menyebar undangan sejak 31 Agustus 2017. Untungnya izin itu dikeluarkan. Jika tidak, Apple tentu harus merevisi undangannya dan bisa jadi ada penundaan acara.

Menurut petugas setempat, Steve Jobs Theatre sudah memiliki sistem keamanan yang memadai. Apple boleh menggunakan auditoriumnya untuk acara dan lobi untuk area demonstrasi hands-on, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (12/9/2017) dari BusinessInsider.

Pada dokumen persetujuan izin, petugas setempat juga menggarisbawahi ada beberapa bagian gedung yang perlu segera difinalisasi. Namun, bagian-bagian itu tidak krusial, sehingga Steve Jobs Theatre tetap bisa digunakan untuk acara 12 September 2017.

Baca: Setelah Diluncurkan, iPhone X Bakal Langka di Pasar?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.