Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Apple Watch 3 Punya Koneksi 4G dan GPS Sendiri

Kompas.com - 13/09/2017, 01:00 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Apple Watch generasi ketiga akhirnya resmi dirilis pada hari ini, Rabu (13/9/2017) dinihari WIB atau Selasa (12/9/2017) siang di Amerika Serikat. Seperti rumor yang beredar sebelumnya, Apple Watch 3 dilengkapi koneksi selular sendiri sehingga tak perlu bergantung dengan iPhone.

“Ini adalah visi kami dari awal, yakni untuk memaksimalkan ekspresi dari Apple Watch,” kata COO Apple, Jeff Williams, di atas panggung peluncuran di Steve Jobs Theatre, Apple Park Campus, Cupertino, AS.

Lebih lanjut, Jeff Williams menjabarkan manfaat dari koneksi seluler mandiri pada Apple Watch 3. Salah satunya, pengguna bisa melakukan streaming ke lebih dari 40 juta lagu yang tersedia di Apple Music langsung dari pergelangan tangan mereka.

Terlebih, Apple Watch 3 dipersenjatai prosesor dual-core yang diklaim memiliki performa garang, yakni 70 persen lebih cepat. Asisten digital Siri bisa lebih tanggap melaksanakan perintah dan juga bisa berbicara ke pengguna.

Selain itu, Apple Watch 3 dilengkapi pula dengan chip yang dinamai “W2” untuk menyokong performa Bluetooth dan Wi-Fi. Menurut Jeff Williams, kemampuan Wi-Fi bisa dipercepat hingga 85 persen.

Apple Watch 3 juga memiliki antena sendiri pada layarnya untuk 4G/LTE dan 3G. Bisa dibilang ini adalah inovasi termutakhir yang dibawa Apple, yakni menghadirkan smartwatch dengan koneksi seluler dan GPS mandiri sekaligus.

Lantas, bagaimana dengan desainnya? Koneksi seluler dan GPS mandiri ternyata tak membuat Apple Watch 3 menjadi gendut. Desainnya lebih kurang serupa dengan seri sebelumnya, hanya saja ada tombol “merah” di sisi kanannya untuk mengaktifkan koneksi selular.

Baterainya digadang-gadang bisa tahan untuk penggunaan normal sepanjang hari. Sistem operasinya sendiri mengandalkan watchOS 4.

Jeff WIliams mengakui bahwa penyematan koneksi seluler cukup menantang. Namun, Apple tak pernah kehabisan akal.

“Kami mengintegrasikan SIM elektronik untuk memperkecil ukuran,” ujarnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari siaran langsung di situs resmi Apple.

Apple Watch 3 hadir dengan berbagai varian case dan tali. Ada yang berwarna space gray, memiliki tali sport loop, hingga model khusus Nike Plus. Tak cuma itu, ada pula edisi premium Hermes dan yang berbalut keramik.

Harga yang dipatok untuk Apple Watch 3 dengan selular dimulai 399 dollar AS atau setara Rp 5,25 jutaan. Ada juga Apple Watch 3 tanpa koneksi selular dan dijual mulai 329 dollar AS alias Rp 4,3 jutaan.

Smartwatch teranyar ini mulai bisa dipesan pada 15 September mendatang dan tersedia di beberapa negara pada 22 September 2017. Belum jelas kapan “racun” satu ini akan menyambangi fanboy di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com