Qualcomm Sebut Android Selalu Duluan Dibanding iPhone

Kompas.com - 13/09/2017, 11:25 WIB
Papan nama Qualcomm Inc. di gedung kantornya di La Jolla, California, AS. Konrad Fiedler/BloombergPapan nama Qualcomm Inc. di gedung kantornya di La Jolla, California, AS.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Smartphone banyak berevolusi selama beberapa tahun belakangan. Aneka fitur bermunculan, mulai dari pengisian baterai cepat, kamera ganda, pengenal wajah, hingga Augmented Reality.

Sebagian besar inovasi ini muncul pertama kali di Android. Platform lain macam iPhone baru menyusul kemudian. Setidaknya begitulah menurut Qualcomm dalam sebuah tulisan berjudul “Android First”.

“Penemuan dari Qualcomm membuat pondasi untuk banyak teknologi dan pengalaman bernilai di smartphone hari ini, baik untuk Android maupun platform lain,” tulis Qualcomm.

Pabrikan chip itu tidak menyebut nama “iPhone” secara langsung. Namun, istilah “platform lain” di sini bisa dikaitkan ke smartphone besutan Apple tersebut. Dunia smartphone sekarang memang praktis didominasi oleh dua platform saja, yakni Android dan iPhone.

Sebagian teknologi yang disebut oleh Qualcomm, sebagaimana terlihat dalam tabel di bawah, memang sudah ada di Android dan kabarnya baru akan diterapkan di lini iPhone baru.

Tabel inovasi smartphone yang muncul pertama kali di Android, menurut Qualcomm.Qualcomm Tabel inovasi smartphone yang muncul pertama kali di Android, menurut Qualcomm.

Lini iPhone baru dimaksud, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (13/9/2017) adalah iPhone X yang meluncur pada 12 September sehingga menguatkan dugaan bahwa Qualcomm sengaja “menyindir” Apple, sehari sebelum kemunculan iPhone X.

Baca: Apple Perkenalkan iPhone X, Tak Berbingkai dan Tanpa Tombol Home

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu ditambahkan bahwa Qualcomm kini sedang terlibat sengketa lisensi paten dengan Apple di pengadilan. Apple menuding Qualcomm menarik biaya lisensi teknologi . Qualcomm menyerang balik dengan berupaya memblokir penjualan iPhone di Amerika Serikat.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X