Kompas.com - 13/09/2017, 14:42 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sesuai dugaan sebelumnya, Apple benar-benar menghilangkan tombol home fisik dari iPhone X. Layar iPhone X memang sangat lebar, menutupi hampir seluruh bagian wajah smartphone, sehingga tak menyisakan tempat untuk tombol fisik di bagian bawah.

Tanpa tombol home yang berperan penting dalam proses navigasi, bagaimana para pengguna iPhone X akan memakai smartphone tersebut?

Ternyata mudah saja. Apple sudah menyiapkan cara navigasi baru berbasis gestur untuk menggantikan fungsi tombol fisik home pada iPhone X.

Para pengguna cukup menyentuh (tap) layar untuk membangunkan iPhone X ketika sedang dalam keadaan stand by. Untuk kembali ke layar home, cukup sapukan jari dari bagian bawah layar ke arah atas.

Baca: Apple Perkenalkan iPhone X, Tak Berbingkai dan Tanpa Tombol Home

Bagaimana dengan multitasking yang selama ini dilakukan dengan menekan tombol home sebanyak dua kali? Apple pun telah menyiapkan gantinya.

Ketika berada dalam sebuah aplikasi, pengguna tinggal menyapukan jari dari bawah ke atas, lalu menahan jari barang sesaat, alih-alih langsung melepasnya seperti ketika ingin kembali ke layar home seperti tadi.

Jendela-jendela aplikasi pun akan langsung ditampilkan sehingga pengguna bisa berpindah-pindah aplikasi dengan mudah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Popular Mechanics, Rabu (13/9/2017).

Soal pemindai sidik jari Touch ID yang menyatu dengan tombol home, peranannya kini digantikan teknologi pengenal wajah, Face ID di iPhone X. Face ID akan mengenali wajah pengguna dan membuka kunci perangkat secara otomatis ketika "dibangunkan" dari tidur dengan ketukan jari.

Dengan lebih dari 30.000 titik referensi, Apple mengklaim Face ID mampu mengenali wajah pengguna dengan akurat dalam segala kondisi, termasuk keadaan gelap, atau ketika pengguna sedang memakai kacamata, atau topi.

Baca: Harga iPhone X Paling Murah Rp 13 Juta, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Face ID juga diklaim sepuluh kali lebih aman dibandingkan Touch ID yang berbasis pengenalan sidik jari.

Untuk ilustrasi selengkapnya mengenai mekanisme penggunaan iPhone X, silakan simak video rekaman live streaming acara Apple di tautan berikut. Penjelasan soal gestur pengganti tombol home mulai diberikan di waktu 2 jam 28 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.