Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Memakai S-Pen Galaxy Note 8 untuk Menggambar

Kompas.com - 14/09/2017, 11:02 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - S-Pen merupakan fitur andalan yang selalu hadir di Samsung Galaxy Note Series. Pada Galaxy Note 8, vendor gadget Korea selatan itu menambahkan sejumlah fitur yang menarik dan membuat S-Pen jadi lebih berguna.

Vlogger Ario Pratomo, saat bincang di sela Media Update Samsung Galaxy Note 8, Senin (11/9/2017), menceritakan pengalamannya merasakan sekaligus berkreasi menggunakan S-Pen smartphone termutakhir itu.

Salah satu hal yang menarik, menurut Ario, ujung S-Pen yang lebih tipis, sehingga membuat penggunanya bisa mengendalikan goresan dengan presisi. Misalnya saat sedang membuat sketsa, mencatat atau membubuhkan tanda pada gambar tertentu.

“Karena ujungnya lebih tipis, kalau dipakai menulis, mewarnai atau sketsa goresannya bisa lebih presisi. Apalagi kalau dibandingkan menggunakan yang ujungnya lebih besar atau jari,” terang Ario.

Baca: Stylus S Pen Galaxy Note 8 Lebih Pintar, Bisa Apa Saja?

“Kemarin saya sudah coba pake S-Pen ini untuk gambar, pakai water brush-nya enak banget. Bisa merasakan tekanan. Jadi kalau ditekan lama, warnanya lebih tebal, kalau digores maka garis saja tipis, bisa dipakai membuat gradasi warna,” imbuhnya

Selain soal ujung yang lebih tipis dan presisi, S-Pen juga memiliki berbagai fitur lain. Ario juga menunjukakan sejumlah fitur yang menurutnya menarik, misalnya Air Command yang muncul setiap kali pengguna mengambil S-Pen.

“Air Command ini kan bisa diisi dengan shortcut untuk menu tertentu dan bisa banyak. misalnya dipasang untuk buka memo atau S Note. Sehari-hari saya banyak memakai fitur ini dan S-Pen untuk membuat catatan, menggabungkan coretan dengan ketikan,” ujar Ario.

Masih ada kelebihan lain yang disematkan dalam S-Pen ini. Kelebihan tersebut adalah fitur Translate and Convert untuk menerjemahkan teks atau kata per kata ke dalam 71 bahasa; Smart Select untuk memakainya memilih serta membagikan animasi GIF; dan fitur Live Message untuk membuat serta membagikan animasi GIF.

Selain itu, masih ada fitur Magnify untuk membuat S-Pen jadi seperti kaca pembesar; Screen Off Memo untuk menulis catatan meski layar dalam kondisi mati; serta Coloring yang merupakan media sosial untuk berbagai karya yang dibuat memakai S-Pen.

Baca: Kesan Pertama Memegang Samsung Galaxy Note 8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com