Kemenkominfo Blokir Game “Fight of Gods” di Indonesia

Kompas.com - 14/09/2017, 11:37 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta platform gaming Steam untuk melakukan geo-blocking terhadap game berjudul Fight of Gods, yang dalam Bahasa Indonesia artinya Pertarungan Para Tuhan.

Game tersebut sedang menjadi kontroversi di sejumlah negara, salah satunya adalah Malaysia yang langsung memblokir Steam, begitu mengetahui adanya permainan tersebut.

Alasan pemblokiran tersebut adalah permainan Fight of Gods dianggap melecehkan berbagai agama, karena menampilkan pertarungan dengan tokoh religius, seperti Zeus, Anubis, Buddha, dan Yesus.

Indonesia pun tak kalah cepat dalam memblokir game Fight of Gods. Kementerian Kominfo mengatakan telah mengajukan surat pemblokiran agar game Fight of Gods tidak bisa diakses oleh pengguna Steam di Indonesia.

Baca: Blokir Telegram di Indonesia Resmi Dicabut

“Kemarin sudah mengirimkan surat ke publisher game-nya (Steam). Kami meminta agar membuat (Fight of Gods) tidak dapat diakses oleh pengguna di Indonesia,” terang Juru Bicara Kemenkominfo, Noor Iza, saat dihubungi KompasTekno, Kamis (14/9/2017).

“Kami beri tenggang waktu 2x24 jam. Tapi kalau sekarang sih sepertinya game itu sudah tidak bisa diakses,” imbuhnya.

Dianggap bisa menimbulkan gesekan SARA

Sementara Dirjen Aptika Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan saat dikonfirmasi mengatakan, jika Steam tidak memenuhi permintaan Kemenkominfo, maka pihaknya akan memblokir distributor channel Steam di Indonesia.

"Game ini tidak layak untuk konsumsi masyarakat Indonesia, kita adalah bangsa yg beragama. Simbol2 agama bukan untuk dipermainkan, apalagi dipertarungkan," kata pria yang kerap disapa Semmy itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.