Geser Rolex, Apple Watch Jadi Arloji Nomor 1 di Dunia

Kompas.com - 15/09/2017, 07:59 WIB
Sabuk Nylon band untuk Apple Watch yang diperkenalkan dalam acara hari Senin (21/3/2016) tersedia dalam sejumlah pilihan warna AppleSabuk Nylon band untuk Apple Watch yang diperkenalkan dalam acara hari Senin (21/3/2016) tersedia dalam sejumlah pilihan warna
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple Watch disebut sebagai produsen arloji nomor satu di dunia. Perlu digarisbawahi, cakupannya bukan cuma untuk arloji pintar alias smartwatch tapi arloji secara keseluruhan.

Setidaknya begitu klaim CEO Apple, Tim Cook, di atas panggung peluncuran lini iPhone teranyar beberapa saat lalu. Kendati begitu, Apple belum mengumbar angka pasti penjualan Apple Watch.

Menurut Tim Cook, penjualan Apple Watch naik 50 persen dari tahun ke tahun. Menurut estimasi firma Canalys, Apple Watch terjual 11,9 juta unit sepanjang 2016.

Jika dihitung kasar, bisa jadi 2017 ini penjualan Apple Watch membengkak jadi sekitar 18 jutaan unit. Hal ini belum diiyakan atau dibantah sang raksasa asal Cupertino.

Mengalahkan Rolex

Tim Cook sesumbar Apple Watch telah mengalahkan penjualan Rolex yang selama ini merupakan raksasa arloji dunia nomor wahid. Sebelumnya, pada 2016 lalu, Tim Cook sempat berucap bahwa Apple Watch sudah di posisi kedua.

Menurut laporan, industri arloji Swiss memang tengah terseok-seok menghadapi gencarnya persaingan. Secara total, penjualan kolektif mereka turun 10 persen dari tahun ke tahun, termasuk Rolex di dalamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple Watch sendiri semakin populer ketika merilis perangkat generasi kedua tahun lalu. Kala itu Apple bertekad menjadikan lini Watch sebagai aksesori fesyen, bukan sekadar gadget teknologi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (15/9/2017) dari BusinessInsider.

Hal ini diwujudkan dengan membuat desain Apple Watch 2 yang lebih catchy dan fashionable, hingga merangkul brand fesyen kawakan seperti Hermes dan Nike. Alhasil, Apple Watch mudah mengukuhkan posisi dan bersaing dengan Fitbit serta Xiaomi di industri wearable.

Baru-baru ini Apple Watch generasi ketiga diluncurkan dengan inovasi signifikan. Antara lain bisa terkoneksi dengan jaringan seluler LTE dan GPS secara mandiri, sehingga tak perlu bergantung dengan iPhone.

Ini adalah yang pertama pada sebuah smartwatch. Seperti apa inovasi ini mendongkrak penjualan Apple Watch? Kita tunggu saja.

Baca: Resmi, Apple Watch 3 Punya Koneksi 4G dan GPS Sendiri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.