Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Vital iPhone 8 Ternyata Lebih Kecil dari iPhone 7

Kompas.com - 16/09/2017, 11:18 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus meski lebih baru ternyata memiliki baterai dengan kapasitas yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Kendati demikian, daya tahan kedua pasang smartphone itu diklaim Apple sama.

Apple sendiri tidak mengungkap kapasitas baterai pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Informasi mengenai kapasitas baterai itu muncul dari data spesifikasi dalam daftar perizinan smartphone milik TENAA.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mac Rumors, Sabtu (16/9/2017), dalam daftar itu dicantumkan bahwa iPhone 8 memiliki baterai berkapasitas 1.821 mAh, sedangkan iPhone 8 Plus menggunakan baterai berkapasitas 2.675 mAh.

Jika rincian yang muncul di TENAA itu tepat, maka kapasitas tersebut benar-benar jauh lebih kecil ketimbang iPhone 7 dan 7 Plus. Seperti diketahui, iPhone 7 memiliki baterai berkapasitas 1.960 mAh dan iPhone 7 Plus memakai baterai berkapasitas 2.900 mAh.

Walau kapasitas baterai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus lebih kecil, tidak berarti daya tahannya lebih lemah. Apple mengklaim bahwa daya tahan baterai duo tersebut setara dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, terutama saat dipakai menjelajah internet, waktu bicara, serta pemutaran audio dan video secara nirkabel.

Hal ini berkat keberadaan chip A11 Bionic yang sistem pengelolaan pasokan dayanya lebih efisien dibandingkan chip yang ada di duo iPhone 7.

Selain soal baterai, spesifikasi yang dicantumkan dalam dokumen TENAA juga mengungkap bahwa iPhnoe 8 memakai RAM 2 GB, sedangkan iPhone 8 Plus memakai RAM 3 GB.

Namun agar kepastiannya lebih jelas, pengguna masih tetap harus menunggu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus meluncur dan mengoprek sendiri berbagai spesifiaksi di dalamnya.

Baca: Harga iPhone X Paling Murah Rp 13 Juta, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com