Kompas.com - 16/09/2017, 14:15 WIB
iPhone X (kiri) serta duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. AppleiPhone X (kiri) serta duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Ketika CEO Apple Tim Cook menyatakan iPhone X sebagai "loncatan terbesar sejak iPhone pertama" pada peluncurannya baru-baru ini, Anda mungkin bertanya apakah dia merujuk ke fiturnya atau harganya.

Dengan versi tercanggih seharga Rp 20 juta, pelanggan membayar biaya premium untuk menukar sensor sidik jari mereka dengan pemindai wajah dan kemampuan membuat monyet animasi atau emoji kotoran meniru muka mereka. (Baca: Harga iPhone X Paling Murah Rp 13 Juta, Ini Spesifikasi Lengkapnya)

Dalam memilih untuk menyebut model itu sebagai "sepuluh" dan bukan "x", perusahaan itu juga telah menyingkirkan kebiasaan penamaannya dan menyebabkan sedikit kebingungan - akankah ada iPhone 9 - atau memang IX?

Baca: Ke Mana iPhone 9 dan Mengapa iPhone X, Bukan iPhone 10?

Tentu saja, itu masalah untuk hari lain. Dan internet telah memiliki banyak hal lain untuk dikeluhkan sementara ini. Sejumlah media internasional memberikan komentar seputar iPhone X, ada yang memuji dan lainnya mengkritik.

Cnet

Dua pertanyaan terbesar untuk saya, fokus pada perubahan desain iPhone X yang paling berani, membuang tombol home. Akankah itu benar-benar membuat ponsel lebih nyaman digunakan? Dan akankah menggunakan wajah Anda untuk membuka kunci telepon menguntungkan Anda, atau apakah itu hanya solusi ilusi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

The Verge

iPhone X mungkin merupakan iPhone paling kuat yang pernah ada, namun dibandingkan dengan hampir semua andalan Android lain, sulit untuk memilih kategori mana yang dipimpin ponsel ini - setidaknya di atas kertas saat membandingkan spesifikasi mentah. Namun jika Apple telah menunjukkan satu hal berkali-kali dalam setiap generasi iPhone, itu adalah sekadar pengoptimalan perangkat keras dan perangkat lunak - jika tidak lebih.

Wall Street Journal

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.