Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Samuel Johnson yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 18/09/2017, 07:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Halaman utama Google hari ini, Senin (18/9/2017) dihiasi dengan ilustrasi sebuah kamus yang berhiaskan foto pria bernama Samuel Johnson. Siapakah dia?

Samuel Johnson atau kerap disebut sebagai Dr. Johnson ternyata sosok yang sangat terkenal di Inggris pada abad ke-18. Pria ini menjadi terkenal karena kontribusinya terhadap dunia kesusastraan Inggris sebagai penyair, penulis essai, kritikus, penulis biografis serta leksikografer.

Karya paling terkenal dari Samuel Johnson adalah kamus yang diberi nama, A Dictionary of the English Language. Kamu tersebut dibuat Samuel Johnson dalam waktu yang sangat panjang, hampir satu dekade lamanya.

Samuel Johnson mulai menulis A Dictionary of the English Language mulai 1746 silam. Seiring dengan proyek tersebut, dia juga mengerjakan sejumlah proyek lain.

Salah satunya proyek lain yang dikerjakannya adalah penerbitan kumpulan essai The Rambler. Ini merupakan kumpulan essai karya Samuel Johnson yang cukup dikenal dan terbit dua kali sepekan selama 1750 hingga 1752.

Kamus A Dictionary of the English Language buatan Samuel Johnson terbit pada 1755 silam dan membuatnya menjadi sosok terkenal dan berpengaruh bagi dunia sastra Inggris. Meski demikian, karya tersebut hanya menghasilkan sedikit uang untuknya.

Google Doodle hari ini merupakan persembahan untuk ulang tahun ke 308 Samuel Johnson. Samuel Johnson lahir pada 18 September 1709 silam dan meninggal 13 Desember 1784 di London.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com