Ruang Kreasi bagi YouTuber di Jakarta Kembali Dibuka

Kompas.com - 18/09/2017, 12:37 WIB
Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen di pembukaan YouTube Pop-up Space di Jakarta, Senin (18/9/2017). Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.comManaging Director Google Indonesia, Tony Keusgen di pembukaan YouTube Pop-up Space di Jakarta, Senin (18/9/2017).
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah pertama kali menyambangi Indonesia pada September 2016 dan disusul Maret 2017 lalu, YouTube Pop-Up Space Jakarta kembali hadir untuk ketiga kalinya. Kali ini ruang kreatif kontemporer untuk para kreator lokal itu dipasang di Art1: New Museum, Gunung Sahari, Jakarta.

Terhitung hari ini, Senin (18/9/2017), YouTube Pop-Up Space dibuka selama satu pekan hingga Minggu (24/9/2017) mendatang. Ini merupakan peningkatan dari perhelatan YouTube Pop-Up Space sebelumnya yang hanya dibuka tiga hari.

YouTube Space pada hakikatnya merupakan wadah edukasi, interaksi, dan berkreasi bagi para YouTuber. Semua fasilitas yang disediakan, mulai dari studio hingga alat berupa kamera dan lighting, tersedia gratis.

Hal ini untuk menunjang kebutuhan para YouTuber lokal. Pada pembukaan YouTube Pop-Up Space ketiga ini, Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, sesumbar jumlah YouTuber lokal yang tembus satu juta subscriber meningkat empat kali lipat selama setahun.

Baca: Daftar Android Kelas Atas yang Bisa Putar Video HDR YouTube

"Bayu Skak adalah kreator pertama di luar Jakarta yang dapat satu juta subscriber. Kami menunggu makin banyak kreator yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia," ia menuturkan.

YouTube Pop-Up Space kali ini menonjolkan pada konten musik. Selama sepekan akan ada 15 kreator yang bakal berkolaborasi bersama-sama di YouTube Pop-Up Space.

Fathia Izzati, Eclat Story, dan Eka Gustiwana, dipersiapakn untuk berlatih dan berkolaborasi menghadapi ajang YouTube FanFest Indonesia. Ada juga Tim2One dan penyanyi Sheryl Sheinafia juga akan berkolaborasi untuk pertama kalonya di YouTube Pop-Up Space.

"Para kreator konten dengan subscriber di atas 1000 juga bisa datang dan belajar dari expert bagaimana cara mengembangkan channel mereka dan juga dari sisi bisnisnya," kata Program Manager YouTube APAC, Niken Sasmaya, pada kesempatan yang sama.

Sebelum ke Jakarta, Pop-up Space semacam ini sudah lebih dulu hadir di dua kota Asia lainnya, yakni Bangkok dan Seoul. Di Jakarta sendiri, Pop-Up Space sebelumnya digelar di Bintaro Permai dan Rumah Maroko. Secara total, sudah lebih dari 1.000 kreator lokal yang memanfaatkan YouTube Space Jakarta.

Sementara itu, YouTube Space yang permanen ada di Los Angeles, New York, London, Tokyo, Berlin, Paris, Sao Paulo, Mumbai, dan Toronto.

Baca: Aplikasi YouTube Hemat Data Resmi Hadir di Indonesia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X