Apa yang Beda di YouTube Space Jakarta Ketiga?

Kompas.com - 18/09/2017, 17:20 WIB
YouTube Pop-Up Space Jakarta digelar untuk ketiga kalinya. Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comYouTube Pop-Up Space Jakarta digelar untuk ketiga kalinya.
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTube Pop-Up Space sudah tiga kali hadir di Jakarta. Pertama kali digelar di Bintaro Permai, lalu disusul Rumah Maroko, dan kini di Art1: New Museum.

Setiap kali dibuka, YouTube Pop-Up Space Jakarta menghadirkan hal berbeda. Di Bintaro Permai, 300 kreator berkumpul untuk berkolaborasi, berinteraksi, dan bertukar ilmu.

Lantas di Rumah Maroko, ada 700 YouTuber yang memanfaatkan ruang kreatif kontemporer tersebut. Mereka memanfaatkan fasilitas gratis yang tersedia, mulai dari studio, kamera dan lighting, hingga alat pengeditan.

Kali ini, YouTube menargetkan 1.000 kreator lokal bisa berkumpul di YouTube Pop-Up Space yang ruangnya semakin luas. Selain peningkatan dari segi kuantitas, apa lagi hal yang berbeda di YouTube Pop-Up Space Jakarta kali ini?

Baca: Punya 1 Juta Subscriber, Berapa Pendapatan YouTuber Bayu Skak?

Pertama, mengambil tema musik. Ini adalah kali pertama YouTube Pop-Up Space Jakarta mengambil tema tertentu untuk para kreator yang hendak berkarya.

Menurut Program Manager YouTube APAC, Niken Sasmaya, YouTube Pop-Up Space dengan tema musik dijadikan semacam teaser menyambut YouTube Fanfest 2017 yang digelar pada November mendatang.

“Setiap tahun YouTube Fanfest semakin heboh dan besar. Di dalamnya itu selalu ada pertunjukan musik. Nah di YouTube Pop-Up Space kali ini kami juga membantu para musisi untuk bikin konten video mereka menyambut YouTube Fanfest,” Niken menuturkan.

Program Manager YouTube APAC, Niken Sasmaya, saat ditemui di Jakarta, Senin (18/9/2017)                               KOMPAS.com/Fatimah Kartini Program Manager YouTube APAC, Niken Sasmaya, saat ditemui di Jakarta, Senin (18/9/2017)

Beberapa YouTuber seperti Fathia Izzati, Eka Gustiwana, dan Eclat Story, akan berkolaborasi di YouTube Pop-Up Space untuk membuat konten musik. Selain itu, Tim2One-Chandra Liow juga akan bersanding dengan penyanyi Sheryl Sheinafia di ruang kreatif kontemporer buatan YouTube.

Kedua, digelar selama tujuh hari. Biasanya YouTube Pop-Up Space dibuka selama tiga hari. Niken mengatakan waktunya diperpanjang untuk mengakomodir kegiatan-kegiatan kreatif di dalamnya.

Selain untuk shooting, ada juga workshop dan seminar yang digelar dengan tema-tema relevan. Misalnya saja tentang mengembangkan bisnis di industri YouTube, di mana pembicaranya adalah para ahli di platform berbagi video tersebut.

“Bagi YouTuber yang memiliki subscriber di atas 1.000, bisa mengikuti rangkaian workshop di YouTube Pop-Up Space,” ujar Niken.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X