Kompas.com - 19/09/2017, 20:09 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple membanderol iPhone X (dibaca iPhone Ten) dengan harga sangat tinggi, mulai dari 999 dollar AS atau Rp 13,2 juta. Namun, menurut hasil prediksi harga komponen oleh para pengamat di China, ongkos produksi smartphone tersebut tampaknya jauh lebih murah.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (19/9/2017), pengamat industri asal China memprediksi ongkos dasar untuk membuat iPhone X hanyalah 412,75 dollar AS atau sekitar Rp 5,4 juta. Artinya selisih sekitar 59 persen dibandingkan harga jual iPhone X ukuran 64 GB.

Dari total harga dasar tersebut, menurut prediksi, komponen termahal adalah panel Super Retina Display. Harganya mencapai 80 dollar AS atau sekitar Rp 1 juta per unit.

Sumber lainnya bahkan mengindikasikan bahwa harga panel itu jauh lebih mahal, bisa mencapai 100 hingga 120 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 hingga 1,5 juta per unit.

Baca: Lewat Iklan, Huawei Sindir iPhone X

Harga komponen lain di dalam iPhone X tak semahal panel tersebut. Chipset A11 Bionic hanya 26 dollar AS atau sekitar Rp 344.000 per unit, lalu modem Qualcomm yang dipasang seharga 18 dollar AS atau Rp 238.000 per unit.

Kemudian harga memori NAND buatan Toshiba di dalamnya adalah 45 dollar AS atau sekitar Rp 596.000 untuk ukuran 256 GB, sedangkan RAM berukuran 3 GB yang disematkan di dalam iPhone X adalah 24 dollar AS atau Rp 318.000.

Namun satu hal yang perlu dicatat. Meski harga dasar iPhone X dijual lebih dari dua kali harga produksinya, tidak berarti bahwa Apple benar-benar mereguk seluruh margin itu sebagai keuntungan.

Harga jual iPhone X merupakan kombinasi dari berbagai faktor, mulai dari soal pemasaran, logistik, manufaktur, ongkos pembuatan software, dan berbagai komponen lain. Harga dasar yang disebutkan di atas hanyalah salah satu faktor yang menjadi acuan, belum memperhitungkan aspek lainnya.

iPhone X pun belum dijual secara resmi. Artinya, pengamat tidak membongkar sendiri untuk melihat komponen yang ada di dalamnya. Pengamat hanya menerka komponen apa saja yang digunakan di perangkat baru Apple tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.