iOS 11 Sudah Bisa Diunduh, Ini Daftar Apple yang Kebagian

Kompas.com - 20/09/2017, 07:22 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple akhirnya resmi merilis versi final dari iOS 11, Rabu (20/9/2017). Pengguna gadget Apple di seluruh dunia, termasuk Indonesia, kini sudah bisa mengunduh OS terbaru Apple tersebut.

Masih sama seperti versi sebelumnya, iOS 11 bisa didapatkan secara gratis. Meski begitu, tidak semua versi iPhone dan iPad bisa merasakan pembaruan ini.

Apple pertama kali mengumumkan iOS 11 pada bulan Juni lalu dalam acara World Wide Developer Conference (WWDC) 2017. Bersamaan dengan ajang tersebut, Apple mengumumkan daftar gadget yang bisa mencicipinya.

Baca: iOS 11 Resmi Diluncurkan, Sederet Fitur Baru Datang

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechRadar, Rabu (20/9/2017), daftar perangkat tersebut adalah:

  • iPhone 5s dan iPhone SE
  • iPhone 6 dan 6 Plus
  • iPhone 6s dan 6s Plus
  • iPhone 7 dan 7 Plus
  • iPhone 8 dan 8 Plus
  • iPhone X
  • iPad Mini 2, 3 dan 4
  • iPad Air dan Air 2
  • iPad Pro 9,7 inci dan 12,9 inci
  • iPad Pro 2017 ukuran 12,9 inci, 10,5 inci dan 9,7 inci
  • iPod Touch 6th Generation

Sementara itu, iPhone 5 yang sudah nyaris berusia 5 tahun tidak akan mendapatkan pembaruan ke iOS 11. Demikian juga halnya dengan iPhone 5C dan iPad 4.

Bagi pemilik perangkat yang ada dalam daftar, mulai saat ini, sudah bisa mengecek dan melakukan pembaruan ke iOS 11. Caranya, cukup masuk ke menu Setting, buka opsi General, kemudian pilih opsi Software Update.

File unduhannya cukup besar. Di iPhone 6s, file iOS 11 sebesar 1,9 GB. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengunduh melalui jaringan WiFi dengan internet unlimited.

Sekadar diketahui, iOS 11 membawa sejumlah fitur baru untuk iPhone dan iPad. Beberapa di antaranya adalah dukungan ARKit untuk keperluan augmented reality, aplikasi baru bernama Files, serta peningkatan kemampuan Siri.

Baca: Keamanan Privasi di iOS 11 Makin Terjaga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechRadar


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.