Galaxy S9 Punya Kamera Super Cepat untuk Video Super Pelan?

Kompas.com - 22/09/2017, 11:02 WIB
Ilustrasi sensor kamera Sony. SonyIlustrasi sensor kamera Sony.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Berbekal teknologi sensor kamera "Motion Eye" yang dibekali dengan on-chip memory, smartphone flagship Sony, Xperia XZ Premium, sanggup merekam video dengan frame rate sangat kencang, mencapai kisaran 1.000 FPS (frame per detik).

Klip dengan FPS tinggi ini lantas bisa dilambatkan untuk  menghasilkan video slow motion yang tampil sangat halus dan pelan, hingga 40 kali lebih pelan dari normal dengan asumsi frame rate video di 24 FPS.

Seolah tak mau kalah dari Sony, Samsung, sang raksasa elektronik asal Korea Selatan, kabarnya tengah menyiapkan teknologi sensor serupa yang terdiri dari dua lapisan chip, yakni chip sensor dan memori. Teknologi baru bisa jadi akan diterapkan di smartphone Samsung berikutnya, Galaxy S9.

Memori DRAM yang terintegrasi dengan sensor adalah komponen kunci yang memungkinkan kamera ponsel menyimpan banyak frame dengan cepat. Ini karena memindahkan data video ke memori utama (RAM) terlalu memakan waktu.

Desain Samsung lebih sederhana dibandingkan Sony yang menggunakan chip tiga lapis berisi chip sensor, control logic, dan memori, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (22/9/2017).

Namun, Samsung punya kelebihan dari segi manufaktur karena pabrikan ini memiliki fasilitas produksi sensor kamera dan chip memori DRAM, sementara Sony harus memasok memori dari pabrikan lai, Micron.

Apabila pengembangan sensor "1.000 FPS" Samsung berlangsung lancar, bukan tidak mungkin teknologi slow-motion super pelan ini akan melakukan debutnya di flagship Galaxy S9 tahun depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Flagship Samsung untuk tahun ini, Galaxy Note 8, sebenarnya sudah memiliki fitur video slow motion, tapi masih terbatas di resolusi 1.280 x 720 piksel dan frame rate 240 FPS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.