Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S9 Punya Kamera Super Cepat untuk Video Super Pelan?

Kompas.com - 22/09/2017, 11:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Berbekal teknologi sensor kamera "Motion Eye" yang dibekali dengan on-chip memory, smartphone flagship Sony, Xperia XZ Premium, sanggup merekam video dengan frame rate sangat kencang, mencapai kisaran 1.000 FPS (frame per detik).

Klip dengan FPS tinggi ini lantas bisa dilambatkan untuk  menghasilkan video slow motion yang tampil sangat halus dan pelan, hingga 40 kali lebih pelan dari normal dengan asumsi frame rate video di 24 FPS.

Seolah tak mau kalah dari Sony, Samsung, sang raksasa elektronik asal Korea Selatan, kabarnya tengah menyiapkan teknologi sensor serupa yang terdiri dari dua lapisan chip, yakni chip sensor dan memori. Teknologi baru bisa jadi akan diterapkan di smartphone Samsung berikutnya, Galaxy S9.

Memori DRAM yang terintegrasi dengan sensor adalah komponen kunci yang memungkinkan kamera ponsel menyimpan banyak frame dengan cepat. Ini karena memindahkan data video ke memori utama (RAM) terlalu memakan waktu.

Desain Samsung lebih sederhana dibandingkan Sony yang menggunakan chip tiga lapis berisi chip sensor, control logic, dan memori, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (22/9/2017).

Namun, Samsung punya kelebihan dari segi manufaktur karena pabrikan ini memiliki fasilitas produksi sensor kamera dan chip memori DRAM, sementara Sony harus memasok memori dari pabrikan lai, Micron.

Apabila pengembangan sensor "1.000 FPS" Samsung berlangsung lancar, bukan tidak mungkin teknologi slow-motion super pelan ini akan melakukan debutnya di flagship Galaxy S9 tahun depan.

Flagship Samsung untuk tahun ini, Galaxy Note 8, sebenarnya sudah memiliki fitur video slow motion, tapi masih terbatas di resolusi 1.280 x 720 piksel dan frame rate 240 FPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com