Kompas.com - 22/09/2017, 16:09 WIB
Smartphone Google Pixel GoogleSmartphone Google Pixel
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Langkah Google membeli divisi smartphone HTC, dinilai oleh para praktisi dan pemerhati industri smartphone sebagai upaya Google untuk menjadi Apple. Google nampaknya ingin meniru langah Apple dengan iPhone-nya, yakni membuat smartphone yang bisa dikontrol, baik hardware maupun software-nya.

Dengan memiliki divisi smartphone HTC, Google bisa membuat smartphone Android murni dengan menggabungkan hardware dan software, demi mengurangi fragmentasi di ekosistem Android.

Google kini memiliki 2.000 engineer HTC yang akan membantu mengontrol jeroan smartphone Android buatan Google. Diharapkan, Google dan HTC bisa membuat integrasi yang baik dalam hal kamera, sensor, dan chip yang dipakai.

Smartphone hasil racikan keduanya itu nantinya diharapkan bisa menjadi standar yang diikuti oleh banyak vendor gadget dunia.

Namun, masih ada satu yang tidak dimiliki Google, yakni engineer chipset. Kemungkinan, bakal ada kesepakatan akuisisi lagi ke depannya untuk hal ini.

Selain mengontrol hardware, Google juga berharap bisa mengontrol software Android dengan lebih baik, terutama distribusi update atau pembaruan OS-nya.

Android saat ini memiliki kendala, dimana versi terbarunya biasanya baru beredar sedikit di pasar. Saat update dirilis Google, tidak semua smartphone Android mendapatkannya, pengguna mesti menunggu tuning yang dilakukan oleh masing-masing vendor smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Berbeda dengan iOS, saat Apple mengeluarkan upgrade, semua langsung mendapatkannya," kata Jack Gold, analis di J. Gold Associates, dikutip KompasTekno dari Computer World, Jumat (22/9/2017).

Satu kendala

Selain merapikan hardware dan fragmentasi software, Google masih punya satu kendala lagi untuk bersaing dengan Apple, yakni distribusi smartphone.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.