Xiaomi Mi 7 Dukung Pengisian Daya Tanpa Kabel?

Kompas.com - 23/09/2017, 11:05 WIB
Xiaomi Mi 6. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comXiaomi Mi 6.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Xiaomi resmi bergabung dalam Wireless Power Consortium. Konsorsium itu dibentuk sejak 2008 untuk mendorong adopsi teknologi pengisian daya tanpa kabel alias wireless charging berstandar Qi di pasar komersil.

Bergabungnya Xiaomi memicu spekulasi baru. Banyak yang beranggapan Xiaomi akan menerapkan fitur wireless charging pada seri flahgship “Mi”. Hal ini diperkuat pernyataan dari perwakilan Wireless Power Consortium.

“Sangat mungkin Xiaomi mempersiapkan peluncuran smartphone baru dengan dukungan wireless charging,” kata perwakilan tersebut.

Ia bahkan mengindikasikan perangkat Xiaomi pertama yang diduga memakai wireless charging adalah Mi 7. Xiaomi sendiri masih irit bicara untuk menanggapi rumor yang beredar, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (23/9/2017) dari AndroidAuthority.

Baca: Resmi, Xiaomi Mi A1 Dijual Rp 3,1 Juta di Indonesia

Teknologi wireless charging diketahui mulai populer pada 2012 lalu, ketika Nokia dan Google merilis smartphone dengan fitur tersebut. Saat ini wireless charging menjadi salah satu penanda perangkat flagship.

Samsung dan LG menjadi dua pabrikan yang semakin mempopulerkan teknologi tersebut. Belakangan Apple juga mengikuti jejak tersebut melalui lini iPhone 8, 8 Plus, dan X.

Merek-merek itu memang dikenal dengan ponsel flagship. Lantas bagaimana dengan Xiaomi? Selama ini pabrikan China itu dikenal sebagai “perusak pasar” yang doyan memboyong smartphone berspesifikasi mumpuni tapi harganya miring.

Mungkinkan wireless charging mula-mula diboyong ke seri Mi lalu ke lini-lini Redmi yang lebih murah? Kita tunggu saja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X