Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera iPhone 8 Plus Jadi yang Terbaik Saat Ini, Kalahkan Google Pixel

Kompas.com - 24/09/2017, 11:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Di atas kertas, kamera milik duo ponsel terbaru Apple, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, tampak relatif tak berubah dibanding pendahulunya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

iPhone 8 tetap dengan sensor BSI 12 megapiksel dan lensa f/1.8, sementara iPhone 8 Plus juga memiliki sensor kamera tersebut, ditambah kamera 12 megapiksel kedua yang dibekali lensa short-tele f/2.8.

Namun, di balik itu, Apple ternyata menerapkan perubahan terhadap cara kerja kamera iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Perubahan itu membuat hasil jepretan keduanya menjadi lebih baik dibandingkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Setidaknya begitulah menurut hasil uji DXO Mark, situs referensi untuk pengujian image quality perangkat digital, terhadap iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Baca: Penjualan Perdana iPhone 8 Sepi, Siapa Pembeli Pertama?

Bahkan, DXO Mark menobatkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sebagai ponsel berkamera terbaik yang pernah diuji dengan skor total masing-masing sebesar 92 dan 94. Skor tersebut melewati raihan skor Google Pixel dan HTC U11 (keduanya meraih nilai 90) yang selama ini bercokol di urutan teratas.

Skor hasil uji DXO Mark atas kamera iPhone 8 Plus. DXO Mark Skor hasil uji DXO Mark atas kamera iPhone 8 Plus.

“Apple iPhone 8 Plus memiliki kamera utama yang benar-benar layak untuk sebuah ponsel flagship,” tulis DXO Mark dalam pembukaan ulasannya yang dipublikasi akhir pekan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Petapixel, Minggu (24/9/2017).

Parameter pengujian DXO Mark mencakup berbagai aspek dari kemampuan digital imaging ponsel, mencakup akurasi warna, exposure, kontras, flash, juga video. iPhone 8 mencetak skor tinggi di uji kualitas gambar zoom dan bokeh, yang belakangan ditambahkan oleh DXO Mark.

Kemampuan HDR dan akurasi pengenalan wajah dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang tinggi turut digarisbawahi. Kelemahan dari kamera milik kedua perangkat itu adalah adanya color cast yang muncul di bawah pencahayaan artifisial, dan beberapa masalah terkait autofocus.

"Secara keseluruhan, Apple iPhone 8 Plus adalah pilihan bagus untuk memenuhi kebutuhan hampir semua fotografer ponsel,” tulis DXO Mark. Hasil uji selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Baca: Membandingkan Spesifikasi iPhone X, iPhone 8, dan Galaxy Note 8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com