Nilai Tanda Tangan Steve Jobs Capai Rp 200 Juta

Kompas.com - 25/09/2017, 11:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Rumah lelang RR Auction di Boston, Amerika Serikat, bakal melelang sejumlah memorabilia Apple. Di antara barang-barang tawaran, ada sebuah majalah Newsweek terbitan 1988 yang ditandatangani oleh Steve Jobs.

Majalah tersebut memang mengangkat tokoh pendiri Apple sebagai liputan utama saat itu. Foto besar Jobs muda terpampang di sampul majalah. Di bagian sampul ini pula terdapat tanda tangannya.

Pihak RR Auction memprediksi majalah tersebut bakal laku terjual antara 10.000 hingga 15.000 dollar AS (Rp 130 juta hingga Rp 200 juta) dalam sesi lelang yang akan dimulai pada 20 Oktober 2017 mendatang.

Majalah Newsweek terbitan 1988 yang ditandatangani oleh Steve Jobs. RR Auction Majalah Newsweek terbitan 1988 yang ditandatangani oleh Steve Jobs.
Sang pemilik majalah, Diane Williams asal California, bertemu Jobs usai acara peluncuran komputer NeXT besutan Jobs pada 1988.

Steve Jobs sempat menolak memberi tanda tangan, tapi Williams memintanya agar menulis “apa saja yang ada di hati Anda”.

Steve Jobs pun kemudian menulis “I love manufacturing”, sebelum akhirnya membubuhkan tanda tangan di sampul majalah.

Segala macam benda yang terkait dengan Jobs memang laku dijual, entah tanda tangan, hingga barang personal seperti pencukur listrik. Tahun lalu, jaket kulit Steve Jobs diketahui laku terjual senilai Rp 30 juta.

Baca: Steve Jobs di Peluncuran iPhone X

Selain majalah dengan tanda tangan Jobs, RR Auction turut melelang sebuah komputer Apple 1 yang diperkirakan bakal laku hingga 700.000 dollar AS atau lebih dari Rp 9 miliar.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (25/9/2017). Komputer Apple 1 yang dilelang kali ini merupakan milik mantan pegawai Apple sekaligus teman Steve Jobs, Adam Schoolsky.

Dari total sebanyak 200 unit komputer Apple 1 yang diproduksi, hanya ada 60 yang masih tersisa saat ini. Apple 1 milik Schoolsky masih dalam kondisi baik dan bisa berfungsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.