Kompas.com - 26/09/2017, 10:52 WIB
Ilustrasi ponsel dengan layar lipat. Phone ArenaIlustrasi ponsel dengan layar lipat.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung sepertinya selangkah lagi merealisasikan smartphone lipat yang sudah lama dirumorkan dengan penamaan seri “Galaxy X”. Dokumen sertifikasi smartphone tersebut sudah muncul di Korea Selatan.

Beberapa bulan lalu, perangkat Samsung dengan nomor model SM-G888 terlihat pada Bluetooth SG, yakni sertifikasi khusus untuk Bluetooth. Lantas baru-baru ini nomor model yang sama terdaftar di NRRA yang tak lain adalah lembaga sertifikasi Korea Selatan, serupa dengan Direktorat Standarisasi Postel di Indonesia.

SM-G888 sendiri diduga kuat adalah Galaxy X. Naga-naganya smartphone lipat itu bakal hadir pertama kali di Korea Selatan sebelum berekspansi ke negara-negara lain. Samsung hingga kini masih irit bicara.

Meski demikian, Mobile Division Head Samsung, DJ Koh, sempat mengindikasikan Galaxy X barangkali muncul ke permukaan pada 2018 mendatang. Belum jelas apakah Galaxy X langsung hadir sebagai produk komersil atau berupa prototipe.

Baca: Galaxy X, Android dengan Layar yang Bisa Dilipat Diuji Samsung

Sebelumnya, kabar yang santer beredar menyebut smartphone lipat itu tak akan ada “batang hidung”-nya sampai 2019. Pasalnya, Samsung disebut ingin fokus mengembangkan smartphone berbingkai tipis alias bezel-less sepanjang 2018.

Namun, seperti yang kita lihat, Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 dengan “Infinity Display” sudah rilis sepanjang 2017 ini. Dengan begitu, Samsung bisa lanjut fokus ke smartphone lipat Galaxy X.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut selentingan isu, Galaxy X bakal mengusung layar OLED yang fleksibel. Ketika sama sekali tak dilipat, ponsel itu disebut bisa berubah menjadi tablet, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/9/2017) dari SlashGear.

Berbagai rumor ini belum terkonfirmasi sehingga belum bisa dipercaya sepenuhnya. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SlashGear
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.