Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Selangkah Lagi Rilis Android Lipat Galaxy X?

Kompas.com - 26/09/2017, 10:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Samsung sepertinya selangkah lagi merealisasikan smartphone lipat yang sudah lama dirumorkan dengan penamaan seri “Galaxy X”. Dokumen sertifikasi smartphone tersebut sudah muncul di Korea Selatan.

Beberapa bulan lalu, perangkat Samsung dengan nomor model SM-G888 terlihat pada Bluetooth SG, yakni sertifikasi khusus untuk Bluetooth. Lantas baru-baru ini nomor model yang sama terdaftar di NRRA yang tak lain adalah lembaga sertifikasi Korea Selatan, serupa dengan Direktorat Standarisasi Postel di Indonesia.

SM-G888 sendiri diduga kuat adalah Galaxy X. Naga-naganya smartphone lipat itu bakal hadir pertama kali di Korea Selatan sebelum berekspansi ke negara-negara lain. Samsung hingga kini masih irit bicara.

Meski demikian, Mobile Division Head Samsung, DJ Koh, sempat mengindikasikan Galaxy X barangkali muncul ke permukaan pada 2018 mendatang. Belum jelas apakah Galaxy X langsung hadir sebagai produk komersil atau berupa prototipe.

Baca: Galaxy X, Android dengan Layar yang Bisa Dilipat Diuji Samsung

Sebelumnya, kabar yang santer beredar menyebut smartphone lipat itu tak akan ada “batang hidung”-nya sampai 2019. Pasalnya, Samsung disebut ingin fokus mengembangkan smartphone berbingkai tipis alias bezel-less sepanjang 2018.

Namun, seperti yang kita lihat, Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 dengan “Infinity Display” sudah rilis sepanjang 2017 ini. Dengan begitu, Samsung bisa lanjut fokus ke smartphone lipat Galaxy X.

Menurut selentingan isu, Galaxy X bakal mengusung layar OLED yang fleksibel. Ketika sama sekali tak dilipat, ponsel itu disebut bisa berubah menjadi tablet, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/9/2017) dari SlashGear.

Berbagai rumor ini belum terkonfirmasi sehingga belum bisa dipercaya sepenuhnya. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com