Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Instagram Batasi Siapa yang Boleh Komentar

Kompas.com - 27/09/2017, 18:56 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Instagram merilis beberapa pembaruan untuk menjaga agar platformnya menjadi wadah berekspresi yang aman dan positif. Setidaknya ada tiga fitur baru sebagai upaya menangkal komentar negatif dan berbau kebencian.

Pertama, Comment Controls. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih siapa saja yang bisa berkomentar di postingan mereka. Pilihannya beragam, bisa semua orang (everyone), orang yang diikuti dan pengikut (people you follow and your followers), hingga spesifik orang yang diikuti saja, atau para pengikut saja.

Selain itu, pengguna juga bisa memblok akun tertentu agar tak bisa mengomentari postingan-postingan mereka. Fitur penyaring untuk memblokir komentar ofensif yang sebelumnya hanya berlaku dalam Bahasa Inggris, kini bisa pula dalam Bahasa Arab, Perancis, Jerman, dan Portugis.

Instagram berjanji akan memboyong fitur itu ke negara-negara lain secara perlahan. Belum jelas kapan Bahasa Indonesia kebagian.

Baca: Lihat Siapa Yang Follow Kita di Instagram Kini Lebih Mudah

Fitur InstagramInstagram Fitur Instagram

Kedua, Anonymous Reporting untuk Instagram Live. Fitur ini memungkinkan pengguna melaporkan akun tertentu yang sedang melakukan siaran langsung (live), jika akun tersebut dianggap butuh bantuan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (27/9/2017), dari Blog Instagram.

Pengguna bisa melapor tanpa identitasnya diketahui oleh akun yang dilaporkan. Dengan begitu, akun tersebut bakal menerima pesan dari Instagram untuk disambungkan ke lembaga bantuan khusus, menghubungi teman, atau tips dan dukungan lain yang diharapkan bisa membantu.

Fitur InstagramInstagram Fitur Instagram

Belakangan muncul fenomena netizen yang mencoba bunuh diri atau mengeluarkan keresahan hatinya melalui fitur live di berbagai media sosial. Instagram mencoba membantu dengan merilis fitur Anonymous Reporting ini.

Ketiga, stiker yang positif. Instagram merilis beberapa stiker bentuk “love” dengan beragam model. Paket stiker baru itu mencerminkan energi positif. Stiker-stiker tersebut diharapkan mampu mendorong para pengguna agar menyebarkan kebaikan dan cinta.

Fitur InstagramInstagram Fitur Instagram


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com