Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Siapkan Feature Phone 4G dan Andromax Kamera Ganda

Kompas.com - 28/09/2017, 06:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartfren rupanya tak ingin hanya memproduksi smartphone. Operator telekomunikasi yang memiliki lini ponsel bermerek Andromax ini sedang bersiap merilis produk baru berupa feature phone yang dibekali konektivitas data 4G.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh ujar VP Device Sourcing and Management Smartfren, Hartadi Novianto, di sela acara peluncuran modem WiFi M5 dan smartphone Andromax A2 di Jakarta, Rabu (27/9/2017). 
 
Menurut Hartadi, feature phone tersebut disiapkan sebagai bagian dari rencana menggaet para pengguna feature phone agar memakai jaringan 4G LTE Smartfren. 

"Sebagian pengguna feature phone belum mau beralih ke smartphone karena dipandang ribet. Mereka butuh tombol fisik," ujarnya.

Baca: Smartfren Luncurkan Andromax A2 dan Modem MiFi M5

 
Lantas, untuk apa koneksi 4G di feature phone? Hartadi mengungkapkan pihaknya bakal menanam berbagai aplikasi bawaan di feature phone yang bersangkutan. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari media sosial hingga aplikasi video call. Aplikasi-aplikasi inilah yang nantinya akan memanfaatkan koneksi internet seluler berkecepatan tinggi tersebut.
 
"Untuk penyediaan aplikasinya, kami bekerja sama dengan beberapa provider. Akan ada social media juga, pokoknya yang biasa dipakai lah. Intinya menyasar para pengguna feature phone yang belum mau beralih ke smartphone," imbuh Hartadi.
 
Ponsel dual camera
 
Hartadi turut mengungkapkan bahwa pihaknya sedang menimbang-nimbang untuk merilis smartphone dual-camera di bawah brand Andromax.
 
VP Device Sourcing and Management Smartfren, Hartadi Novianto. Oik Yusuf/ KOMPAS.com VP Device Sourcing and Management Smartfren, Hartadi Novianto.
Fitur dual camera belakangan memang menjadi tren di kalangan pabrikan smartphone dan kini tidak menjadi monopoli smartphone kelas atas saja. Ponsel kelas menengah di kisaran harga Rp 3 jutaan pun sudah banyak yang mengusung fitur ini.
 
Ada satu hal yang menjadi pertimbangan utama Smartren dalam rencana membuat smartphone kamera ganda, yakni faktor harga. Lini ponsel Andromax Smartfren belakangan diarahkan untuk fokus ke segmen harga di bawah Rp 1 juta, sementara segmen harga di atasnya diserahkan ke kerja sama bundling perdana dengan para vendor handset open market, seperti Lenovo, Samsung, dan lain-lain.
 
"Kalau memang nanti harganya bisa terjangkau, kami ada rencana (membuat smartphone kamera ganda)," sebut Hartadi. "Kami sedang 'searching' lah. Kami menyasar pasar di bawah Rp 1 juta karena itu yang paling penting. Kalau di atas itu, konsumen biasanya ingin smartphone yang global brand."
 
Beberapa waktu lalu, Smartfren masih memiliki lini produk Andromax di kisaran harga Rp 2 juta. Namun, menurut Hartadi, ketika itu memang belum banyak handset open market yang mendukung fitur-fitur yang dikedepankan jaringan 4G Smartfren seperti Voice over LTE (VoLTE).
 
Keadaan sudah berbeda saat ini. Fitur VoLTE sudah banyak didukung oleh handset open market. "Di bawah Rp 1 juta itu masih banyak yang belum mendukung 4G, jadi kami (Andromax) masuk ke situ," pungkas Hartadi. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com