Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Rilis Smartphone Android Pengusir Nyamuk

Kompas.com - 28/09/2017, 12:55 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - LG memperkenalkan smartphone Android teranyarnya bertajuk “K7i” di India. Smartphone tersebut mengusung spesifikasi standar yang menyasar kelas low-end.

Kendati demikian, ada fitur menarik dari K7i yakni pengusir nyamuk alias “Mosquito Away”. Sejatinya fitur serupa sudah lebih dulu tercantum pada produk-produk elektronik LG semacam air conditioner (AC), mesin cuci, serta televisi.

Mosquito Away memanfaatkan teknologi gelombang suara ultrasonik untuk mengusir nyamuk yang hendak mendekat. Pada LG K7i, fitur tersebut dipasang pada punggung smartphone, tepatnya di bawah modul kamera.

Fitur ini sejatinya menimbulkan kontroversi di berbagai kalangan. Menurut kepala lembaga Dutch Malaria Foundation, tak ada bukti ilmiah bahwa teknologi gelombang suara ultrasonik bisa menghadang nyamuk.

BBC bahkan pernah membuat laporan yang menyebut pengusir nyamuk dengan gelombang ultrasonik adalah mitos.

Terlepas dari itu, fitur ini tak bisa dipungkiri merupakan sesuatu yang unik dan cukup “menjual”. Terlebih lagi K7i dipatok dengan harga “miring”, yakni 121 dollar AS atau setara Rp 1,6 jutaan.

Spesifikasi dari smartphone termutakhir ini antara lain layar HD 5 inci, RAM 2 GB, penyimpanan 16 GB, prosesor quad-core, serta berjalan pada sistem operasi Android Marshmallow, sebagaumana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Kamis (28/9/2017).

Sejauh ini, LG K7i dikatakan eksklusif tersedia untuk pasar India. Belum jelas apakah smartphone pengusir nyamuk itu bakal turut menyambangi pasar Tanah Air atau tidak. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com