Kompas.com - 28/09/2017, 14:01 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Trio smartphone Android Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 akan segera memasuki pasaran Tanah Air pada Oktober mendatang. Dalam acara perkenalan beberapa waktu lalu di Jakarta, HMD Global selaku pemegang lisensi merek smartphone Nokia telah mengumumkan harga Nokia 3 sebesar Rp 1.899.000.

Bagaimana dengan Nokia 5 dan Nokia 6? Organized Trade Lead Nokia HMD Affanick Hamim mengaku belum bisa membeberkan banderol final dari kedua ponsel tersebut, namun dia memberikan sedikit kisi-kisi.

"Dua-duanya (Nokia 5 dan 6) akan di bawah Rp 3,5 juta. Di Oktober nanti kami akan beritahukan harganya," ujar Hamim saat ditemui KompasTekno usai acara Media Gathering Nokia dan Erajaya di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Sebagai informasi, di pasaran internasional, Nokia 5 dijual seharga 189 Euro atau sekitar Rp 3 juta, sedangkan Nokia 6 dihargai 229 Euro atau setara Rp 3,6 juta.

Baca: Android Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 dalam Genggaman

Nokia 6 adalah model teratas di antara ketiga ponsel Nokia yang meluncur di Indonesia beberapa waktu lalu. Layarnya berukuran 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel), dengan chip Snapdragon 430 octa-core, RAM 3 GB, storage 32 GB, baterai 3.000 mAh, serta kamera belakang 16 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel.

Nokia 5 diposisikan di antara Nokia 3 dan Nokia 6. Spesifikasinya mencakup layar 5,2 inci (1.280 x 720 piksel), chip Snapdragon 430 octa-core, RAM 3 GB, storage 16 GB, baterai 3.000 mAh, serta kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel.

Baik Nokia 3, Nokia 5, maupun Nokia 6 menjalankan sistem operasi Android 7 "Nougat" versi pure, tanpa tambahan custom UI. Ketiga smartphone juga dijanjikan bakal mendapat update ke OS Android 8 Oreo.

Menurut Hamim, Nokia 3 akan menjadi model pertama yang tersedia di pasaran Indonesia, disusul oleh Nokia 6 pada akhir Oktober, baru kemudian Nokia 5.

Di Indonesia Nokia menggandeng Erajaya Group sebagai rekanan distribusi dan perakitan ponsel di pabrik PT Sat Nusapersada TBK di Batam untuk memenuhi persyaratan tingkat kandungan dalam negeri 30 persen. Rencanaya, Erajaya akan memajang ponsel Nokia di 70 gerai ritel miliknya dalam 3 bulan mendatang.

Baca: Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga Android Nokia 3

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.