Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel dan BlackBerry Rilis Solusi Keamanan Gadget

Kompas.com - 28/09/2017, 15:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Telkomsel dan BlackBerry bekerja sama untuk menghadirkan sebuah solusi keamanan gadget, yang diberi nama Enterprise Mobility Suites (EMS).

Solusi ini dibuat untuk pelanggan korporat yang membutuhkan pengamanan untuk berbagai gadget pegawainya. Tujuannya agar segala data perusahaan yang ada di dalam perangkat bisa diakses dengan aman dari mana pun dan kapan pun.

“Dengan semakin banyaknya kejadian cyber attack yang terjadi, ditambah fenomena BYOD/L yang terus meningkat, maka kami melihat kebutuhan korporasi akan keamanan digital di era mobilitas ini menjadi tidak terelakkan lagi," terang Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel, Arief Pradetya melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Kamis (28/9/2017).

"Untuk itu kami bermitra dengan BlackBerry yang merupakan Leader di Gartner Magic Quadrant untuk Mobility Management Suites edisi Juni 2017 untuk menghadirkan solusi ini," imbuhnya.

Menurut Arief, EMS membuat perusahaan dapat dengan nyaman mengatur berbagai perangkat yang terhubung (connected devices and things) dan digunakan bekerja oleh pegawainya. Contohnya, dalam hal pengaturan end point, berbagi file antar-perangkat, hingga aplikasi yang bisa dijalankan.

Hal menariknya, EMS bisa digunakan untuk mengendalikan dan mengamankan berbagai platform, mulai dari iOS, Android, Windows 10, MacOS, hingga Samsung Knox.

Telkomsel dan Blackberry menyediakan lima tipe EMS sesuai kebutuhan korporasi, yaitu: Management Edition, Enterprise Edition, Collaboration Edition, Application Edition dan Content Edition.

Masing-masing tipe EMS tersebut bakal dibekali dengan fitur sebagai berikut ini:

- Mengelola Aplikasi Microsoft Office 365 Mobile: IT dapat mengelola dan menerapkan kebijakan perlindungan keamanan ke aplikasi mobile Microsoft Office 365 seperti Word, Excel, dan PowerPoint dari BlackBerry UEM.

- Akses data bisnis perusahaan di ‘Unmanaged Laptops’: Pengguna dari Blackberry Access dapat menjaga keamanan data perusahaan pada perangkat pribadinya atau BYOL (Bring – Your- Own – Laptop) bahkan pada Windows 10 dan MacOS.

- Sinkronisasi dan Berbagi File Korporasi yang Aman dan Terbaharukan: Solusi sinkronisasi dan berbagi file korporasi, Blackberry Workspace, yang memungkinkan menambahkan komentar, @mentions, peringatan, dan dilengkapi fitur Digital Rights Management (DRM).

- DocuSign juga telah terintegrasi, menambahkan alur kerja utama untuk dokumen yang mengikat secara hukum seperti aplikasi pinjaman dan transaksi keuangan.

- Analisis Aplikasi: Dengan fitur Blackberry Analytics, IT perusahaan dapat mengetahui tren dan kebiasaan dari penggunaan perangkat karyawan, seperti lama penggunaan, jenis perangkat yang digunakan, aplikasi yang digunakan, sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas bisnis perusahaan.

Fitur-fitur itu diharapkan bakal membantu perusahaan meningkatkan produktivitas karyawan sambil tetap menjaga keamanan data. Cara pakainya pun cenderung mudah, dengan model pembayaran fleksibel sesuai kebutuhan perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com