Orang Indonesia Masuk 5 Besar Terbanyak Jualan di Instagram

Kompas.com - 28/09/2017, 15:28 WIB
Director of Community Instagram, Amanda Kelso, Kamis (28/9/2017). Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comDirector of Community Instagram, Amanda Kelso, Kamis (28/9/2017).
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak kurang dari 45 juta pengguna aktif bulanan Instagram berasal dari Indonesia. Fakta ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan basis pengguna Instagram terbesar se-Asia Pasifik.

Menurut Director of Community Instagram, Amanda Kelso, pengguna di Indonesia tak hanya gencar memanfaatkan platform tersebut untuk berbagi momen personal, tapi juga jualan alias berbisnis.

Amanda Kelso sesumbar Indonesia masuk dalam lima besar alias “Top 5” negara yang paling banyak memiliki akun bisnis. Empat negara lain yang masuk jejeran itu adalah Amerika Serikat, Inggris, Rusia, dan Brasil.

“Secara total ada 8 juta akun bisnis di Instagram. Indonesia menjadi salah satu yang masuk Top 5,” kata dia saat berbincang dengan KompasTekno, Kamis (28/9/2017).

Ia tak menjabarkan secara spesifik berapa jumlah akun bisnis di Indonesia. Urutan Indonesia dalam jejeran Top 5 juga tak dijabarkan.

Yang jelas, menurut Amanda Kelso, Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekosistem bisnis digital via Instagram yang sangat subur. Akun-akun bisnis di Indonesia pun terbilang unik dan kreatif dalam berinteraksi dengan komunitas mereka masing-masing.

“Ada beberapa akun bisnis yang sangat menarik di Indonesia. Misalnya saja akun Indoestri (@indoestri) yang ide besarnya adalah memberikan skill bagi orang-orang, jadi lebih menginspirasi,” Amanda Kelso menuturkan.

Indoestri sendiri bisa dibilang sebagai wadah kreatif yang menyediakan workshop selama satu hari untuk meningkatkan keterampilan, mulai dari keterampilan tangan, bisnis digital, hingga berkebun.

“Selain Indoestri juga ada Brodo (@bro.do) yang menurut kami cara mereka mengomunikasikan brand mereka sudah bertaraf internasional,” kata Amanda.

Brodo merupakan toko sepatu kulit dan tas yang semula berangkat dari online dan kini sudah ada pula toko fisiknya. Brand tersebut menyasar kaum adam dengan model-model yang simpel dan elegan.

“Akun bisnis di Instagram sangat membantu para akun bisnis ini untuk menyasar pasar yang tepat. Mereka bisa lihat performa konten mereka berdampak seperti apa. Bahkan bisa tahu kapan waktu yang pas untuk posting” Amanda Kelso menjelaskan.


Baca juga: Seniman-seniman Indonesia yang Raup Pendapatan Puluhan Juta dari Instagram

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X