Kompas.com - 28/09/2017, 17:13 WIB
Instagram Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comInstagram
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Instagram telah bertransformasi, bukan sekadar sebagai media sosial berbagi konten visual, tetapi juga menjadi wadah bagi pebisnis untuk menjajakan produk dan jasa.

Director of Community Instagram, Amanda Kelso, mengatakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) alias small medium businesses (SMB) menjadi salah satu faktor penting di platform tersebut.

“Delapan puluh persen pengguna Instagram mengikuti akun bisnis. Artinya kehadiran akun bisnis di Instagram adalah sesuatu yang dibutuhkan orang-orang secara umum,” ujar Amanda Kelso pada KompasTekno, Kamis (28/92017), di Jakarta.

Indonesia sendiri masuk lima besar alias “Top 5” negara dunia yang paling banyak memiliki akun bisnis di Instagram. Lantas, apa saja upaya yang sedang dan akan dilakukan Instagram untuk mendukung UMKM di Indonesia?

Amanda Kelso sesumbar timnya sedang mengembangkan program baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna, baik bagi pebisnis maupun pembeli di Instagram. Antara lain akan lebih banyak melibatkan konten visual serta pengembangan kemampuan analitik.

Baca: Orang Indonesia Masuk 5 Besar Terbanyak Jualan di Instagram

“Kami sedang uji coba program baru tapi belum dirilis untuk semua pasar. Saat ini pun akun bisnis sudah sangat dimudahkan. Mereka bisa tahu karakter pasar mereka dari sisi gender, usia, bahkan bisa tahu kapan waktu yang pas untuk posting,” Amanda Kelso menjelaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika ditanya apakah ada rencana membuat aplikasi terpisah yang khusus berperan sebagai marketplace, Amanda Kelso mengaku belum ada pikiran ke sana. Instagram juga dikatakan tak bakal mengembangkan rekening bersama layaknya marketplace yang ada saat ini.

“Kami akan tetap sebagai aplikasi Instagram. Belum ada rencana lain, tapi untuk transaksi sekarang lebih mudah dengan tombol ‘buy’ yang bisa langsung terhubung ke situs bisnis,” ia menuturkan.

Genjot program SheMeansBusiness

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.