Kompas.com - 28/09/2017, 18:19 WIB
iPhone 8 dan 8 Plus AppleiPhone 8 dan 8 Plus
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Beberapa pengguna iPhone 8 melaporkan masalah yang sama, yakni pada komponen earpiece perangkat tersebut. Ada semacam bunyi dentur atau statis yang mengganggu audio dan pengalaman menelepon.

Keluhan pengguna deras mengalir di forum-forum online, seperti Reddit dan forum layanan Apple. Apple akhirnya angkat bicara soal isu ini.

Raksasa asal Cupertino itu mengakui ada masalah pada komponen earpiece iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Apple berkilah masalah itu hanya menimpa sebagian kecil pengguna, namun akan segera memperbaikinya.

“Kami menaruh perhatian pada isu ini yang berpengaruh pada sebagian kecil pengguna iPhone 8. Tim kami sedang berupaya memperbaikinya, di mana akan tertera pada pembaruan software berikutnya,” kata juru bicara Apple.

Ia tak menjelaskan secara detil apa yang menyebabkan kemunculan bunyi dentur pada komponen earpiece iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Masalah ini menimpa pengguna lintas negara dengan operator telekomunikasi yang berbeda-beda.

Perlu dicatat, keluhan soal bunyi dentur ini memang tak terjadi setiap kali menelepon melainkan hanya sesekali. Bunyi dentur juga hilang ketika pengguna menggunakan menyetel earpiece dalam speaker mode.

Hal ini mengindikasikan bahwa masalah tersebut memang berasal dari sisi software, seperti yang dikatakan Apple. Pasalnya, masalah itu tak datang secara konsisten, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (28/9/2017), dari TheVerge.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple sendiri tak menjanjikan waktu tertentu hingga pihaknya merilis pembaruan software untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Kita tunggu saja informasi selanjutnya.

Baca: Dibongkar, Harga Asli iPhone 8 Terungkap

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.