Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 8 Plus Pegang Dua Rekor Apple

Kompas.com - 02/10/2017, 08:16 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - iPhone 8 Plus ternyata memiliki perbedaan yang sangat signifikan bila dijajarkan dengan beberapa generasi iPhone Plus sebelumnya. Bahkan, bisa dikatakan iPhone 8 Plus merupakan sang pemecah rekor.

Persoalan rekor tersebut terkait dengan bobot dan dimensi iPhone 8 Plus, yang ternyata melebihi tipe iPhone Plus lain keluaran Apple. Walau angka kelebihan itu tidak banyak, tetap saja jadi cukup menarik untuk diperhatikan.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (2/10/2017), Apple iPhone 8 Plus memegang rekor sebagai smartphone pertama Apple yang melebihi 200 gram. Pasalnya bobot iPhone 8 Plus mencapai 202 gram.

Sebagai perbandingan, Nokia E90 Communicator yang usianya sudah satu dekade, memiliki bobot 210 gram. Hanya selisih sedikit saja dengan iPhone 8 Plus yang jauh lebih modern.

Baca: Kamera iPhone 8 Plus Jadi yang Terbaik Saat Ini, Kalahkan Google Pixel

Sementara itu, jika dibandingkan dengan lini Plus sebelumnya, iPhone 6 Plus memiliki bobot 172 gram, iPhone 6s Plus bebobot 192 gram, dan iPhone 7 Plus berbobot 188 gram. Ketiga iPhone Plus lawas itu pun tergolong lebih ringan.

Sedangkan dari sisi dimensi, iPhone 8 Plus memegang rekor sebagai iPhone tipe Plus terbesar selama ini, karena dimensinya mencapai 158,4 x 78,1 x 7,5 mm, sedikit lebih besar dibanding saudara tuanya dalam hal tinggi, lebar, dan ketebalan.

Ketiga iPhone Plus lawas memiliki dimensi sedikit lebih kecil. iPhone 6 Plus pada 158,1 x 77,8 x 7,1 mm, iPhone 6s Plus pada 158,2 x 77,9 x 7,3 mm, serta iPhone 7 Plus pada 158,2 x 77,9 x 7,3 mm.

Soal bobot dan dimensi ini adalah spesifikasi tertulis di atas kertas. Dalam situasi dunia nyata sendiri, perbedaannya tidak akan terlalu terasa.

Kecuali jika Anda sebelumnya menggunakan iPhone 6 Plus lalu berganti menjadi iPhone 8 Plus, maka perbedaan bobot 30 gram mungkin akan sedikit terasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com