Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 8 Bikin Bos Geekbench Terkagum

Kompas.com - 02/10/2017, 13:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Prosesor A11 Bionic yang tertanam di duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ternyata sangat bertenaga. Skor software benchmark Geekbench, misalnya, menunjukkan bahwa duo iPhone baru tersebut merupakan ponsel berkinerja tertinggi di dunia saat ini.

John Poole, pendiri Primate Labs, perusahaan pembuat Geekbench, pun mengatakan bahwa selisih kinerja duo iPhone 8 bisa mencapai 50 persen di atas model-model smartphone Android kelas atas yang berbasis chip Snapdragon 835.

"Di titik ini (kinerja duo iPhone 8), Anda mendapatkan performa setara desktop di handset. Tak ada cara lain lagi untuk melihatnya," ujar Poole dalam sebuah komentar, seolah terkagum-kagum dengan tenaga chip A11 Bionic milik duo iPhone 8.

Kendati demikian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (2/10/2017), Poole mengaku tak sepenuhnya mengerti mengapa selisih kinerja duo iPhone 8 dengan flagship Android bisa demikian jauh.

Skor benchmark multi-core Geekbench iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X dibandingkan perangkat-perangkat iOS (kiri) dan skor perangkat-perangkat Android (kanan).  Geekbench Skor benchmark multi-core Geekbench iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X dibandingkan perangkat-perangkat iOS (kiri) dan skor perangkat-perangkat Android (kanan).

"Anda tak melihat lompatan besar ke depan (dalam hal kinerja ponsel Android). Saya tak tahu apa yang terjadi di sini," imbuhnya.

Apple punya kemampuan merancanang dan mengembangkan sendiri chip untuk ponselnya. Lingkungan platform iOS pun dikunci, hanya ditangani  secara eksklusif oleh Apple, tak seperti Android yang terfragmentasi dengan melibatkan banyak vendor. Boleh jadi itu salah satu faktor yang menyebabkan Apple bisa mengoptimalkan kinerja smartphone besutannya.

Baca: Google Caplok Vendor Smartphone HTC karena Apple

A11 Bionic sendiri diketahui sudah mulai dikembangkan sejak bertahun-tahun lalu saat Apple memperkenalkan duo iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang berbasis chip A9.

Di jantung chip ini tertanam CPU 6 core yang terdiri dari cluster 2 core berkecepatan tinggi untuk menjalankan pemrosesan berat, dan cluster berisi 4 core hemat daya untuk menangani tugas-tugas ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com