Operator Seluler Tanggapi Isu PHK Massal Industri Telekomunikasi

Kompas.com - 03/10/2017, 09:28 WIB
Menara base transceiver station (BTS) ShutterstockMenara base transceiver station (BTS)
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri telekomunikasi dilanda rumor Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal. Salah satu alasannya adalah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang menjamur.

Hal ini dikatakan Sekjen Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK), Sabda Pranawa Jati, beberapa saat lalu. Ia sesumbar tak kurang dari 40 pegawai di industri telekomunikasi telah dirumahkan, sementara sekitar 300 pegawai lainnya sedang dalam proses lebih lanjut.

Dua perusahaan telekomunikasi yang secara lantang disebutkan Sabda Pranawa Jati adalah Indosat Ooredoo dan XL Axiata. Menurut dia, PHK massal di kedua perusahaan itu menargetkan divisi IT & Network.

Baca: Industri Telekomunikasi Dilanda PHK?

Namun pihak XL Axiata dan Indosat Ooredoo memberikan bantahan atas isu tersebut saat dikonfirmasi oleh KompasTekno, Selasa (3/10/2017) pagi.

General Manager Corporate Communication PT XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengatakan tak ada PHK massal untuk saat ini. Kendati begitu, ia mengatakan sejak 2015, XL Axiata melakukan transformasi di segala sektor.

"XL Axiata telah melakukan perjalanan transformasi sejak awal 2015 pada semua aspek perusahaan, dimulai dari produk, distribusi, brand, dan juga organisasi secara keseluruhan. Tujuannya, untuk meningkatkan daya saing perusahaan ke depan, termasuk lebih berfokus pada pelanggan," kata Ayu.

Sementara Head of Corporate Communication Indosat Ooredoo, Deva Rachman mengatakan, "Isu pengurangan pegawai secara massal di Indosat Ooredoo yang beredar di publik adalah tidak benar."

"Di dalam menjalankan seluruh kegiatan bisnisnya, Indosat Ooredoo senantiasa menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance serta code of conduct sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku," kata Deva.

Tanggapan operator lain

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.